Logo Saibumi

BPS Jelaskan Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung Triwulan I 2022

BPS Jelaskan Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung Triwulan I 2022

Foto: Ilustrasi pertumbuhan ekonomi | Istimewa

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Di tengah pandemi Covid-19 yang mulai melandai, mobilitas masyarakat Lampung di beberapa
tempat seperti tempat ritel dan rekreasi, tempat belanja dan farmasi, dan tempat kerja pada triwulan I-2022 secara rata-rata relatif lebih aktif dibandingkan triwulan IV-2021 dan triwulan I 2021.

 

BACA JUGA: Menkeu Sebut Ekonomi RI Tetap Tumbuh 5,01% Ditengah Perang Rusia-Ukraina

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Endang Retno Sri Subiyandani mengatakan Ekonomi Provinsi Lampung Triwulan I-2022 Tumbuh Sebesar 2,96 Persen (Y-on-Y)

 

"Sementara, ekonomi Provinsi Lampung Triwulan I-2022 Tumbuh Sebesar 0,96 Persen (Q-To-Q). Ekonomi Provinsi Lampung berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB) harga dasar berlaku triwulan I-2022 mencapai Rp94.788,15 miliar dan harga dasar konstan 2010 mencapai Rp60.905,95 miliar," ungkapnya, Senin (9/5/2022).

 

Hal ini turut memberikan dampak terhadap perekonomian Lampung terutama pada kategori perdagangan. Komoditas tanaman pangan secara umum (padi, jagung, kacang tanah, kacang hijau, dan ubi jalar) mengalami peningkatan produksi bila dibandingkan triwulan sebelumnya (q-to-q).

 

Namun, jika dibandingkan dengan triwulan I-2021, total produksi tanaman pangan mengalami penurunan (y-on-y).

 

"Pada triwulan I-2022, terdapat panen raya padi Varietas M70 dan panen raya perdana padi gogo di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Di samping itu, terjadi peningkatan produktivitas padi per-hektar di Kota Metro setelah hampir 5 tahun hasilnya kurang optimal," jelasnya.

 

Untuk tanaman hortikultura, produksi tanaman hortikultura semusim (seperti cabai dan sayuran lainnya) meningkat jika dibandingkan dengan triwulan IV-2021. Namun jika dibandingkan secara y-on-y nilai produksi tanaman hortikultura semusim lebih rendah. Pada triwulan I-2022, masa tutup giling tebu masih berlanjut.

 

Kemudian, produksi ayam pedaging, telur, dan jumlah pemotongan kambing mengalami kenaikan produksi dibanding triwulan IV-2021. Di samping itu peresmian pasar hewan di Kampung Bangun Sari, Kecamatan Bekri, sebagai lumbung ternak di Kab. Lamteng turut memberikan dampak meningkatnya produksi peternakan di Provinsi Lampung.

 

"Namun demikian, jika dibandingkan secara y-on-y nilai produksi peternakan mengalami penurunan," bebernya.

 

Produksi minyak bumi di Lampung Timur mengalami penurunan bila dibandingkan dengan produksi triwulan IV-2021 (q-to-q) dan triwulan I-2021 (y-on-y).

 

"Adanya penurunan produksi makanan dan minuman berdasarkan hasil Survei IBS (q-to-q) demikian halnya jika dibandingkan secara y-on-y, juga mengalami penurunan. Kategori transportasi dan pergudangan mengalami kontraksi secara q-to-q," tutur Retno.

 

Pemicunya adalah terjadinya penurunan pada jumlah kilometer barang pada angkutan rel, penurunan jumlah barang yang dimuat pada angkutan laut, dan penurunan jumlah truk/pickup, sedan/jeep, bus pada ASDP, sedangkan secara y-on-y terjadi pertumbuhan yang cukup tinggi.

 

"Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan jumlah penumpang dan barang naik pada angkutan udara serta peningkatan jumlah penumpang dan pendapatan pada angkutan darat," ujarnya.

 

Diberlakukannya pembelajaran tatap muka pada sebagian besar sekolah di Lampung menyebabkan penurunan penggunaan kuota internet (q-to-q).

 

"Namun demikian jika dibandingkan secara y-on-y nilainya meningka," pungkas Retno. (Riduan)

BACA JUGA: Penghubung Pemudik Lampung-Bengkulu, Jalan Arteri Jadi Jalur Alternatif Non Tol

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong