Logo Saibumi

Bangga...Putri Lampung Isma Yatun Dilantik Jadi Ketua BPK RI

Bangga...Putri Lampung Isma Yatun Dilantik Jadi Ketua BPK RI

Perempuan asal Pulau Pisang, Pesisir Barat, Lampung, Isma Yatun resmi dilantik sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) | Ist/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI) Jakarta - Perempuan asal Pulau Pisang, Pesisir Barat, Lampung, Isma Yatun resmi dilantik sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), dan diambil sumpah jabatannya pada Kamis, 21 April 2022. Isma Yatun dilantik bersama Wakil Ketua BPK terpilih, Agus Joko Pramono

 

BACA JUGA: 68 Kapal dan Belasan Loket di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan Siap Hadapi Pemudik

"Pengucapan sumpah jabatan tersebut dilakukan sesuai dengan Pasal 16 ayat (2) UU No. 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan yang menyatakan bahwa Ketua dan Wakil Ketua BPK terpilih wajib mengucapkan sumpah atau janji menurut agamanya yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung," tulis Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK dalam rilis pada Kamis, 21 April 2022, kemarin.

 

Ketua dan Wakil Ketua BPK dipilih secara musyawarah mufakat dalam Sidang Anggota BPK pada Selasa, 19 April 2022. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua tersebut dilaksanakan oleh seluruh anggota BPK sesuai dengan Pasal 15 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 yang menyatakan bahwa ketua dan wakil ketua dipilih dari dan oleh anggota BPK dalam Sidang Anggota BPK.

 

Sidang juga memutuskan pembagian tugas dan wewenang anggota BPK yang terdiri atas Nyoman Adhi Suryadnyana sebagai Anggota I/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I dan Daniel Lumban Tobing sebagai Anggota II/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara II.

 

Kemudian Achsanul Qosasi sebagai anggota III/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III dan Haerul Saleh sebagai anggota IV/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara IV. Lalu Pius Lustri Lanang sebagai anggota VI/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VI, dan Hendra Susanto sebagai anggota VII/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VII BPK.

 

Seperti diketahui, Isma merupakan Anggota BPK terpilih yang ditetapkan Jumat (18/3/2022) lalu. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Anggota IV BPK sejak Oktober 2019 dan Anggota IV BPK pada April 2017.

 

Isma dikenal lama berkecimpung di dunia politik. Sejumlah jabatan di PDI Perjuangan pernah diemban antara lain wakil ketua DPD PDI-P Lampung serta wakil bendahara Fraksi PDI-P di DPR RI.

 

Dia menjadi anggota DPR sejak tahun 2006 hingga 2017 dari daerah pemilihan Lampung. Isma pernah duduk di Komisi VII, Komisi X, Komisi IX, dan Badan Anggaran DPR. Komisi-komisi tersebut membidangi antara lain keuangan dan perbankan, energi, lingkungan hidup, hingga pendidikan serta pemuda dan olahraga.(*)

 

BACA JUGA: Dinihari Tadi, Gunung Anak Krakatau Lampung Selatan Alami Dua Kali Erupsi

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA