Logo Saibumi

Waspadai 5 Gejala Kista Ovarium Pada Wanita yang Wajib Diketahui

Waspadai 5 Gejala Kista Ovarium Pada Wanita yang Wajib Diketahui

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Kebanyakan kista ovarium berukuran kecil dan tidak berbahaya. Ini dapat terjadi pada wanita di segala usia, alias kapan saja. Lantas, seperti apa gejalanya? Yuk, simak lebih lanjut!

 

Kista ovarium Kista ovarium adalah kondisi ketika cairan menumpuk di dalam kantong tipis yang ada di ovarium. Ukurannya bisa kecil hingga besar, ada yang berbahaya dan ada yang tidak. Namun, tetap penting untuk mewaspadai gejala kista ovarium. kista juga dapat menyebabkan beberapa gejala seperti yang sudah di kutip Saibumi.com dari Halodoc berikut ini:

 

  1. Perut Kembung

Adanya kista dapat menyebabkan keluhan pada pencernaan, seperti perut kembung. Selain itu, perut juga bisa tampak agak bengkak dan terasa berat, jika kista terus membesar. 

 

  1. Nyeri Panggul sebelum atau selama Siklus Menstruasi

Gejala kista ini mungkin muncul terus-menerus atau menyebar. Biasanya, rasa nyeri muncul tepat sebelum menstruasi dimulai atau berakhir. Menstruasi juga dapat menjadi tidak teratur dan mungkin menyakitkan. Pada beberapa kasus, menstruasi mungkin lebih berat atau lebih ringan dari sebelumnya.

 

  1. Hubungan Intim yang Menyakitkan

Rasa nyeri saat berhubungan intim atau dispareunia juga bisa jadi tanda-tanda kista ovarium. Beberapa wanita mungkin mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan di perut setelah berhubungan intim.

 

  1. Nyeri di Punggung Bawah atau Paha

Nyeri pada panggul juga dapat menyebar ke punggung bawah dan paha. Ini juga dapat menjadi gejala kista yang tidak disadari. 

 

  1. Mual dan Muntah

Meski jarang, perut kembung akibat kista ovarium juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Nah, itulah beberapa gejala kista ovarium yang perlu diwaspadai wanita. Beberapa gejala tersebut bisa jadi tidak terjadi, atau samar dengan gejala masalah kesehatan lain. 

 

BACA JUGA: Otak Anak Rusak Akibat 5 Makanan Ini

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA