Logo Saibumi

4 Makanan Super Food Untuk Rawat Kesehatan Kulit Mudah Dikonsumsi Setiap Hari

4 Makanan Super Food Untuk Rawat Kesehatan Kulit Mudah Dikonsumsi Setiap Hari

Foto: Dokumen/Sutterstock

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Kata orang merawat kulit itu tidak mudah, tapi tahukan anda kenali makanan sebagai salah satu elemen nutrisi memiliki peranan penting buat kesehatan kulit, loh ternyata mudah dicari terutama super food ini

 

BACA JUGA: Klinik Pratama Saibumi Buka Posko Pendaftaran Antigen, Berikut Jam Oprasionalnya

Untuk ketahui simak Apa saja super food yang baik untuk kesehatan kulit berikut ini:

 

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan herring, adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Ikan-ikan ini kaya akan sumber asam lemak omega-3, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

 

Asam lemak omega-3 diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembap. Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan kulit kering. Lemak omega-3 dalam ikan berlemak dapat mengurangi peradangan yang dapat memicu kulit  kemerahan dan jerawat. 

 

Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, salah satu antioksidan terpenting untuk kulit. Mendapatkan cukup vitamin E sangat penting untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

 

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat yang bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh, termasuk kesehatan kulit. Mendapatkan asupan lemak sehat bisa membantu menjaga kulit tetap fleksibel dan lembap.

 

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik dan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Vitamin E jika dikombinasikan dengan vitamin C lebih dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan kulit. 

 

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit kering, kasar, dan bersisik yang cenderung mudah memar. Keberadaan vitamin C bisa sebagai sumber antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh matahari dan lingkungan, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

 

3. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A, dan C. Selain itu, brokoli juga mengandung lutein dan karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Lutein membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

 

Sulforaphane pada brokoli juga merupakan agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Ia bekerja dengan dua cara, yaitu menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengaktifkan sistem pelindung lain di tubuh.

 

4. Teh Hijau

Teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan. Senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau disebut katekin dan bekerja untuk meningkatkan kesehatan kulit.  Teh hijau dapat meningkatkan kelembapan, ketebalan, dan elastisitas kulit.

 

Perlu diketahui teh hijau adalah pilihan yang bagus untuk kesehatan kulit. Alangkah baiknya juga ketika minum teh hijau, kamu menghindari penambahan susu. Susu terbukti dapat mengurangi efek antioksidan teh hijau.

BACA JUGA: Dahsyat ! 5 Manfaat Susu Kambing Etawa Ternyata Sehat Buat Jantung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong