Logo Saibumi

Kantuk Saat Berkendara, Berikut Tips Gampang Mengusirnya

Kantuk Saat Berkendara, Berikut Tips Gampang Mengusirnya

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Udara yang sejuk setelah hujan memang menggoda untuk keluar rumah dan jalan-jalan naik motor sejenak.

Namun, kesejukan ini juga tak jarang memancing rasa kantuk naik motor. Selain kondisi cuaca yang bikin mager ini, kemacetan tanpa ujung di jalan juga rentan membuat pengendara motor mengantur.

BACA JUGA: Waspadai Hal-hal Ini,  Ketika Naik Motor Dekat Kendaraan Besar

Tentu saja rasa kantuk ini harus diusir. Karena jika tidak, keamanan dan keselamatan berkendaralah yang jadi taruhannya.

Ada langkah-langkah gampang yang bisa Anda coba di jalan, untuk mengurangi, bahkan menghilangkan rasa kantuk tersebut.
Dengan beberapa langkah sederhana yang bisa Anda coba sendiri berikut ini, rasa kantuk pun bisa pergi.

 

Gerak-gerakkan tubuh

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggerak-gerakkan tangan atau kaki, ketika motor sedang berhenti di kemacetan atau lampu merah, misalnya.

Namun, “jangan melakukan gerakan berlebihan, karena selain membuat Anda berisiko terjatuh dari motor, juga memancing orang-orang di sekitar untuk memvideokan Anda dan mempostingnya di medsos diam-diam” kata Dhania Counter Sales Astra Motor Imam Bonjol.

 

Mainkan gas motor

Cobalah untuk sesekali menggeber gas, dan melepaskannya pelan-pelan. Cara ini ampuh untuk membuat perjalanan Anda tak lagi monoton dan membosankan. Dengan begitu, Anda pun bisa terhindar dari rasa kantuk.

 

Menggigit lidah

Cara lain yang juga tak ada salahnya untuk dicoba adalah menggigit-gigit lidah secara perlahan. Ingat, jangan berlebihan juga, supaya lidah tidak terluka. Langkah ini ampuh ‘membangunkan’ Anda dari rasa kantuk.

 

Bernyanyi kecil

Anda juga bisa bernyanyi-nyanyi kecil untuk membangkitkan konsentrasi berkendara dan menghindari rasa kantuk.

Namun ingat, jangan pakai headset, karena Anda bisa saja jadi tidak sadar kalau suara Anda terlewat keras dan malah mengganggu pengguna jalan lain.

Di samping itu, penggunaan headset juga berisiko membuat Anda tidak waspada dengan keadaan di sekitar.

 

Beristirahat
Tentu saja, ‘obat’ yang ampuh untuk mengusir ngantuk di jalan adalah beristirahat atau tidur.

 

Cari lokasi yang aman untuk menepi dan beristirahat sejenak, misalnya SPBU terdekat. Selain itu, Anda disarankan untuk beristirahat setiap menempuh perjalanan selama 2,5 jam, terutama jika berkendara dalam jarak jauh. Sebab, tubuh yang kelelahan, rentan terserang rasa kantuk.

 

“Jangan pernah berkendara dalam keadaan mengantuk, ya. Beristirahatlah dengan cukup sebelum Anda naik motor.” tutup Dhania dalam rilisnya.(SB05)

BACA JUGA: Melakukan servis motor secara rutin juga akan berdampak pada nilai jual motor.



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong