Logo Saibumi

Buruh Gelar Aksi di Depan Koperasi TKBM, Ini Tuntutannya!

Buruh Gelar Aksi di Depan Koperasi TKBM, Ini Tuntutannya!

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Ratusan buruh yang tergabung dalam Forum Serikat Buruh Kimia Industri Umum dan Kesehatan (FSBI Kikes) berunjuk rasa di depan Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, Jl. Yos Sudarso, Panjang, Kota Bandar Lampung, Senin, 13 Desember 2021. 

Dalam orasinya para buruh menuntut setidaknya sembilan permintaan yang harus dipenuhi.

BACA JUGA: Layanan Homecare Medical Chek Up (MCU) Klinik Pratama Saibumi

Adapun rinciannya sebagai berikut:

1. Saudara Agus Sujatma selaku ketua koperasi TKBM pelabuhan panjang beserta kepengurusannya periode 2020 - 2025 tidak menjalankan kewajibannya secara baik dan tanggung jawab karena sampai dengan saat ini tidak menyetorkan iuran BPJS ketenagakerjaan yang dipotong dari poin I (insurance) sebagaimana peraturan menteri perhubungan nomor: KM 35 tahun 2007 selama kurang lebih 4 tahun dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2017.

2. Mempertanyakan peninggalan PLT saudara Samin berkisar 5,3 Miliar, serta uang tunggakan BPJS ketenagakerjaan berkisar 7M yang langsung dipotong upahnya setiap ada kegiatan bongkar muat di pelabuhan panjang untuk membayar iuran BPJS ketenagakerjaan. 

3. Meminta kenaikan upah buruh TKBM yang layak karena hingga sampai dengan saat ini TKBM pelabuhan panjang masih menerima upah yang jauh di bawah standar upah minimum.

4. Meminta trasparansi dalam pengelolaan dana simpanan yang bersumber dari upah buruh berupa H (Kesejahterahan), I (Insurance/Perlindungan), dan K (Administrasi) koperasi serta sisa hasil usaha disinyalir tidak digunakan untuk sebagaimana yang diatur dalam undang undang nomor 17 tahun 2012 tentang perkoperasian. Tidak dibagikan kepada anggota dan atau tidak digunakan untuk mengembangkan usaha koperasi dan meningkatkan pelayanan kepada anggota.

5. Mempertanyakan legalitas/keabsahan saudara Agus Sujatma sebagai ketua koperasi TKBM Pelabuhan panjang beserta kepengurusan periode 2020 - 2025 karena disinyalir keanggotaan saudara Agus Sujatma beserta kepengurusannya di koperasi TKBM belum mencapai dua tahun sudah bisa menjadi ketua koperasi TKBM pelabuhan panjang.

6. Buruh TKBM pelabuhan panjang mempertanyakan surat keputusan saudara Agus Sujatma sebagai ketua koperasi TKBM pelabuhan panjang beserta kepengurusannya periode 2020 - 2025 karena sampai dengan saat ini belum pernah diadakannya pelantikan kepengurusan koperasi buruh TKBM pelabuhan panjang dan juga sampai dengan saat ini kartu anggota koperasi buruh TKBM pelabuhan panjang (KTA/PAS) tertulis sampai dengan saat ini masih atas nama Samin (PLT) selaku ketua koperasi TKBM pelabuhan panjang periode 2019.

7. Saudara Agus Sujatma beserta kepengurusannya periode 2020 - 2025 disinyalir telah melakukan pembiaran terhadap DPC khusus F-SPTI Pelabuhan panjang yang juga melakukan pungutan liar terhadap buruh TKBM pelabuhan panjang yang bukan merupakan anggota F-SPTI, karena dari tahun 2018 sampai dengan saat ini sebagian besar buruh TKBM pelabuhan panjang tidak mempunyai kartu anggota DPC khusus F- SPTI Pelabuhan panjang.

8. Kepengurusan koperasi TKBM Pelabuhan panjang yang dipimpin oleh saudara Agus Sujatma beserta kepengurusan periode 2020 - 2025 terindikasi menciptakan iklim kediktatoran baru, serta banyak disinyalir syarat dengan nepotisme, dengan banyaknya kerabat sanak saudara dari saudara Agus Sujatma yang menjadi pengurus/pegawai koperasi TKBM pelabuhan panjang. Hal ini bertentangan dengan AD/ART koperasi TKBM pasal 41 ayat dua poin E

9.Dengan ini kami meminta kepada badan pengawas koperasi TKBM pelabuhan panjang agar segera menggelar rapat anggota luar biasa (RALB) secepatnya. Apabila permintaan kami tidak diindahkan maka kami buruh TKBM pelabuhan panjang akan melaksanakan rapat anggota luar biasa untuk memberhentikan pengurus koperasi TKBM pelabuhan panjang periode 2020 - 2025 sesuai dengan anggaran dasar pasal 39, sekaligus menunjuk dan mengangkat pengurusan koperasi TKBM pelabuhan panjang yang baru dengan alasan tersebut di atas baik secara musyawarah, voting maupun Aklamasi.

Pantauan saibumi.com pukul 16.09 WIB para buruh berangsur meninggalkan lokasi unjuk rasa. (Riduan)

BACA JUGA: Gubernur Arinal Berharap Komite Paralimpiade Nasional Provinsi Lampung Lahirkan Atlet Atlet Difabel Berprestasi

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA