Logo Saibumi

5 Alasan Pilih Sekolah Berasrama untuk Pendidikan Anak

5 Alasan Pilih Sekolah Berasrama untuk Pendidikan Anak

Saibumi.com (SMSI) - Keberadaan sekolah berasrama atau istilah yang sering digunakan yaitu boarding school kian menarik perhatian para orang tua. Maraknya kasus kenakalan remaja yang terjadi sekarang ini memang cukup memprihatinkan. Orang tua yang peduli pada masa depan anak-anaknya tentu saja hal-hal buruk seperti itu terjadi. Salah satu solusi terbaik untuk menyelamatkan masa depan adalah boarding school.

Anak menempuh pendidikan di sekolah dengan sistem asrama lebih mudah dipantau dan dibimbing pergaulannya. Anak-anak boarding school bukan hanya belajar di kelas saja namun mereka juga tinggal di asrama yang berada di lingkungan sekolah. Dengan begitu kegiatan dan aktivitas siswa selama 24 jam bisa dipantau dan diawasi oleh pihak sekolah.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik, ini Janji Walikota Bandarlampung di Hari Guru ke-76

Alasan Memilih Sekolah Berasrama

Kesibukan orang tua yang seringkali membuat waktunya untuk mengawasi anak-anaknya hampir tidak ada memang sudah menjadi masalah umum terutama kaum urban. Hal tersebut hanyalah sedikit dari alasan mengapa orang tua tertarik dengan boarding school. Secara spesifik kemungkinan besar alasan para orang tua memilih sekolah dengan konsep asrama adalah salah satu dari berikut ini.

 

  1. Fasilitas dan Sarana Belajar Lengkap

Sekolah asrama modern berbeda dengan pesantren, meskipun memang terinspirasi dari konsep tersebut. Sekolah dengan konsep asrama atau boarding school modern mengedepankan kualitas dan pelayanan.

Sebagai gantinya pihak sekolah menyediakan berbagai fasilitas dan sarana penunjang pembelajaran yang akan memicu prestasi pada siswa. Salah satu SMA swasta terbaik dengan konsep sekolah berasrama di Indonesia saat ini adalah SMA Dwiwarna (Boarding School). Di sana menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap demi menunjang prestasi siswa.

Seperti ruang kelas yang nyaman dan kondusif untuk belajar, laboratorium untuk melakukan praktikum dan masih banyak lagi fasilitas dan sarana lainnya yang sangat bermanfaat bagi siswa.

 

  1. Lingkungan yang Kondusif dan Aman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa alasan orang tua memilih sekolah berasrama bagi anak-anaknya adalah faktor lingkungannya. Jika anak-anak masuk sekolah umum maka setelah jam pelajaran selesai mereka bebas melakukan apa saja ketika pulang ke rumah. Jika orang tua sibuk bekerja maka tidak bisa mengawasi apa yang dilakukan oleh anak-anak.

Berbeda jika anak bersekolah di boarding school orang tua tidak perlu lagi merasa cemas dan kuatir. Anak-anak tetap berada di lingkungan sekolah dan diawasi oleh guru setelah jam pelajaran selesai. Berada di lingkungan sekolah sepanjang waktu membuat siswa lebih banyak belajar daripada melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat seperti main HP misalnya.

 

  1. Siswa Lebih Fokus untuk Belajar

Lingkungan sekolah yang kondusif dan fasilitas lengkap membuat anak bisa menjadi lebih semangat untuk belajar. Apalagi di dalam asrama yang tenang dan serba teratur pastinya anak-anak bisa lebih fokus untuk belajar tanpa adanya gangguan.

 

  1. Pengajar yang Berkualitas

Selain faktor lingkungan dan fasilitas alasan orang tua memasukkan anak ke sekolah asrama adalah kualitas para guru yang tidak perlu diragukan lagi. Boarding school unggulan akan menetapkan kualifikasi yang tinggi kepada setiap tenaga pengajar di sekolah. Artinya hanya orang-orang terbaiklah yang bisa menjadi guru di sekolah tersebut.

 

  1. Menumbuhkan Sikap Mandiri dan Disiplin

Banyak orang tua yang pusing dengan sikap anak-anaknya karena tidak bisa mandiri dan disiplin meskipun sudah besar. Anak-anak seperti ini akan terus tergantung kepada orang tua hingga dewasa sehingga sangat sulit untuk menjadi maju dan meraih kesuksesan.

Dengan sekolah di boarding school mau tidak mau semua keperluannya harus diurusi dan dikerjakan sendiri karena jauh dari rumah serta orang tua. Pola kehidupan di dalam sekolah asrama yang selalu terjadwal tersebut perlahan-lahan akan membentuk kemandirian dan kedisiplinan pada diri anak-anak.

Memperhatikan beberapa alasan diatas memang wajar jika orang tua sekarang ini menjadi sangat tertarik untuk menyekolahkan anak-anaknya pada sekolah berasrama atau boarding school. Dimanakah sekolah asrama unggulan untuk tingkat menengah atas? SMA Dwiwarna (Boarding School) adalah jawabannya. (*)

BACA JUGA: Kurikulum Pendidikan di Indonesia, Silir Berganti! Ternyata Sudah 11 Kali Perubahan, Ini Uraiannya



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong