Logo Saibumi

Pemerintah Harap Cari Alternatif Minyak Goreng Curah Harga Terjangkau untuk Masyarakat

Pemerintah Harap Cari Alternatif Minyak Goreng Curah Harga Terjangkau untuk Masyarakat

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Penjualan minyak goreng curah rencananya akan dilarang mulai 1 Januari 2022 dan hanya minyak goreng kemasan saja yang akan diizinkan beredar di pasaran.

 

BACA JUGA: Ini Alasan Disnaker Soal UMP Lampung 2022 Naik Rp8.484

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan mengatakan, hal tersebut ditetapkan lantaran harga minyak goreng curah sangat mudah terdampak saat ada kenaikan harga minyak sawit.

 

"Jadi untuk ini pemerintah mengantisipasi dengan mewajibkan peredaran minyak goreng kemasan. Tidak diizinkan lagi, mulai 1 Januari 2022, minyak goreng diedarkan dalam keadaan curah," ungkap Nurwan, Kamis (25/11/2021).

 

Nurwan mengatakan, saat terjadi kenaikan harga minyak sawit, minyak goreng kemasan akan memiliki harga relatif lebih terkendali karena bisa diproduksi terlebih dahulu dan bisa disimpan dalam jangka panjang.

 

"Walaupun nantinya akan ada kenaikan harga, namun dampaknya takkan langsung dirasakan oleh konsumen," jelasnya.

 

Saat, ini hanya 2 negara saja yang diklaim masih mengedarkan minyak curah.

 

"Ini tinggal 2 negara, sepengetahuan saya, yang masih mengedarkan minyak goreng curah, yaitu Bangladesh dan Indonesia," kata Nurwan.

 

Di sisi lain, pemerintah juga akan terus memastikan ketersediaan minyak goreng dalam negeri agar kebutuhan masyarakat terus terjamin.

 

"Saat ini tersedia 628.000 ton dan cukup untuk memasok 1,5 bulan kebutuhan. Ini akan kita coba setiap waktunya sehingga kita aman terus," tukasnya.

 

Sementara itu saat saibumi.com menanyakan hal ini kepada pedagang minyak curah di pasar, mereka sangat keberatan apabila kebijakan ini benar-benar terealisasi.

 

"Jelas kami kurang setuju, karena biasanya konsumen lebih memilih minyak curah," tegas Tati pedagang di Pasar Tugu, Kota Bandarlampung kepada saibumi.com.

 

Ia pun berharap agar pemerintah bisa memberi solusi yang tepat bagi masyarakat

 

"Jika kebijakan ini akan ditetapkan, maka pemerintah perlu menemukan alternatif pengganti minyak curah yang memiliki harga terjangkau bagi rakyat Indonesia," pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Waspada ! Bos BI Ungkap 5 Tantangan Global Ancam Ekonomi Dunia di PTBI 2021



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong