Logo Saibumi

Baru ! Bagi Polisi dan KPK, Panggil TNI Tak Bisa Sembarangan

Baru ! Bagi Polisi dan KPK,  Panggil TNI Tak Bisa Sembarangan

Foto: dok. Puspen TNI

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Aturan baru untuk dimintai keterangan kini tidak bisa lagi sembarangan memanggil prajurit TNI. aturan ini berlaku bagi Penegak hukum, baik itu Polri , Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ), dan lainnya.



Aturan tersebut tercantum dalam ST Panglima TNI Nomor ST/1221/2021 tertanggal 5 November 2021 tentang Prosedur Pemanggilan Prajurit TNI oleh Aparat Penegak Hukum, Pemanggilan terhadap prajurit TNI terkait peristiwa hukum harus melalui komandan atau kepala satuan.

BACA JUGA: Hendak Tawuran, 2 Pelajar SMP Asal Kulonprogo Bawa Sajam Diamankan



Dikutip dari siaran resmi Pasmar 2 Marinir TNI, kejadian pemanggilan prajurit TNI oleh Pihak Kepolisian yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Aturan ini untuk menghindari kesalahpahaman, meminimalkan permasalahan hukum, dan terselenggaranya ketaatan prajurit TNI.


Terdapat empat poin aturan saibumi.com himpun dari sindonew.id dalam ST Panglima Nomor ST/1221/2021 tersebut. Berikut ini aturan lengkapnya:



1. Pemanggilan yang dilakukan kepada prajurit TNI oleh Polri, KPK, aparat penegak hukum lainnya dalam rangka untuk memberikan keterangan terkait peristiwa hukum harus melalui Komandan/Kepala Satuan.

2. Pemanggilan terhadap prajurit TNI yang tidak sesuai dengan prosedur, agar Komandan atau Kepala Satuan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum yang dimaksud.

3. Prajurit TNI yang memberikan keterangan terkait peristiwa hukum kepada aparat penegak hukum dapat dilakukan di satuannya dengan didampingi Perwira Hukum atau Perwira Satuan.

4. Prajurit TNI yang memberikan keterangan terkait peristiwa hukum kepada aparat penegak hukum dapat dilakukan di kantor penegak hukum yang memanggilnya dengan didampingi Perwira Hukum.

 

BACA JUGA: Twibbon Hari Guru Nasional 2021, Berikut Link Dwonloadnya



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong