Logo Saibumi

Wow, Ternyata Kulit Bawang juga punya Manfaat, Jangan Dibuang

Wow, Ternyata Kulit Bawang juga punya Manfaat, Jangan Dibuang

Saibumi.com (SMSI) - Bawang putih dan bawang bombay merupakan bumbu dapur yang tidak pernah luput dari rutinitas memasak.

Biasanya orang mengupas bawang sebelum diolah dan membuang kulitnya.

Namun apakah Anda tahu bahwa kulit bawang juga memiliki banyak manfaat?

Kulit bawang putih juga mengandung vitamin A dan C, serta kaya akan antioksidan fenilpropanoid anti-inflamasi.

Penelitian juga menemukan bahwa kulit bawang putih memiliki sifat antimikroba yang kuat, seperti dilansir dari laman MindBodyGreen.

Tidak hanya itu, kulit bawang juga memiliki khasiat lur biasa untuk membuat kulit menjadi awet muda dan lebih kenyal.

Berikut ini adalah cara untuk mengolah dan menggunakan kulit bawang hingga mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

BACA JUGA: Klinik Pratama Saibumi, Selalu Ada Untuk Kesehatan Anda


Teh bawang

Cara termudah untuk menuai manfaat kulit bawang adalah melalui teh.

Tambahkan kulit bawang yang sudah dicuci dan dikeringkan ke dalam teh hijau Anda saat diseduh. Menurut sebuah penelitian, hal itu dapat membantu meningkatkan bioavailabilitas epikatekin—senyawa bermanfaat utama dapat memerangi peradangan, meningkatkan penurunan berat badan, dan membantu melawan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

 


Bawang panggang

Anda bisa memanggang bawang putih bersama dengan kulitnya. Setiap pecinta bawang putih akan memberi tahu Anda bahwa bawang putih panggang adalah makanan yang sangat lezat.



Keripik bawang

Anda bisa mengolah kulit bawang putih menjadi keripik. Sophia Roe, koki dan pembawa acara acara TV Counter Space.


Dia merekomendasikan untuk memasukkan kulit bawang putih ke dalam minyak zaitun, menaburkannya dengan sedikit garam, dan memanggangnya selama 10 menit pada suhu 180 derajat celcius sampai berubah menjadi "keripik" yang renyah dan renyah.

Anda dapat mencampurnya ke dalam salad atau menaburkannya di mana pun Anda membutuhkan penambah rasa (dan kerenyahan).



Meringankan kulit gatal

Kulit bawang merah dan bawang putih memiliki sifat antijamur yang membuatnya efektif untuk meredakan masalah kulit gatal, termasuk kutu air. Oleskan air rendaman kulit bawang bombay ke kulit Anda untuk meredakannya.



Tambahan gizi pada nasi

Campurkan beberapa kulit bawang saat memasak nasi untuk menambahkan vitamin ekstra. Pastikan untuk membiarkannya terendam saat nasi dimasak. Cukup buang kulitnya setelah dimasak.



Penambah rasa dan aroma

Meskipun setiap jenis kulit memiliki kegunaannya sendiri, Anda juga dapat menggabungkannya untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Tambahkan kulit bawang ke dalam sup untuk aroma dan rasa yang lebih sedap. Bawang putih dan bawang bombay adalah bahan dasar kebanyakan sup, tetapi mengapa tidak menggunakan kulitnya juga? Ini tidak hanya meningkatkan rasa, tetapi juga menambahkan nutrisi kulit ke dalam makanan Anda. Namun, pastikan untuk menyaring kulitnya sebelum makan.


Jadi, alih-alih membuang kulit bawang ke tempat sampah, manfaatkan sebaik-baiknya. (*)

BACA JUGA: 5 Manfaat Paprika yang Jarang Diketahui



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong