Logo Saibumi

Tingkatkan Daya Saing UMKM Melalui Lampung Craft 2021

Tingkatkan Daya Saing UMKM Melalui Lampung Craft 2021

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung Lampung Craft 2021 digelar di Gedung Graha Wangsa diselenggarakan dari tanggal 27-29 Oktober 2021, merupakan pameran kerajinan khas Lampung dengan mengusung tema ikon Kabupaten Tanggamus, yaitu Starway to Heaven. Penyelenggaraan Lampung Craft 2021 ini sebagai ajang promosi dan pemasaran produk kerajinan khas daerah se-Provinsi Lampung dan juga sebagai membangkitkan perekonomian para pengrajin Lampung yang handal. Pemerintah Daerah Lampung terus melakukan upaya promosi produk hasil pengrajin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menonjolkan ciri khas setiap wilayahnya, demikian sambutan   Bupati  Tanggamus yang diwakili oleh Wakil Bupati, Ahmad Syafii dalam Pembukaan Talk Show dengan tema Pemulihan Ekonomi Indonesia dengan Penguatan Peran serta UMKM sebagai Penggerak Ekonomi Indonesia Khususnya Lampung.

 

BACA JUGA: Syarat dan Cara Mengajukan Kredit Mobil Daihatsu

Balai Besar POM di Bandar Lampung turut hadir di Lampung Craft 2021, dengan melaunching  Gebyar “UMKM asik BERJAYA” (UMKM BERkelas, seJAhtera yang menduniA) dengan Kabupaten Tanggamus sebagai pilot project dengan program-programnya antara lain program pemberian DAK Badan POM, melakukan   pendampingan terhadap UMKM supaya bisa naik kelas dan mendapatkan izin edar BPOM, memberikan diskon 50 % untuk Pendaftaran produk dari tarif PNBP yang ditetapkan dalam PP No 32 Tahun 2017, memberikan gratis uji laboratorium kepada UMKM dengan Balai Besar  POM dapat melakukan sampling terhadap uji produk UMKM sesuai kriteria , Coaching clinic Usaha Kecil dan Mikro (UKM), simplifikasi dengan penghapusan persyaratan Izin Produsen untuk Registrasi BTP, dan pemeriksanaan sarana dalam rangka Pemenuhan CPPOB untuk UMKM difokuskan pada pelaksanaan hygiene sanitasi.

 

Produk UMKM yang sudah memiliki NIE, juga akan berpeluang untuk mendunia atau Go Eksport. Untuk itu Badan POM juga mempunyai layanan informasi dan konsultasi terkait persyaratan ekspor obat dan makanan di negara negara tujuan ekspor melalui website ecd.pom.go.id. Export Consultation Desk (ECD) merupakan inovasi layanan publik Badan POM melalui pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ekspor obat dan makanan. ECD berasal dari 74 negara. Pada menu regulasi dan potensi pasar terdapat informasi Market Intelligence, Market Research, peluang dan potensi ekspor, economic intelligence dan regulasi mengenai obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan, makanan dan negara tujuan ekspor, demikian disampaikan Sukriadi Darma.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar POM di Bandar Lampung menyerahkan 9 NIE dari 4 UMKM pendampingan tahun 2021 kepada Wakil Bupati Tanggamus. Turut hadir menyaksikan Launching Gebyar UMKM asik BERJAYA”, Kepala BI Perwakilan Lampung, Direktur Politeknik Universitas Lampung, Kepala Kantor Wilayah BRI Lampung, Kepala Bank Lampung, Kepala Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Lampung dan Kepala BNI Lampung.

 

 

BACA JUGA: Selain Geblek dan Growol, Kulonprogo Mendunia Melalui Cokelat Makaryo



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong