Logo Saibumi

Ini Tips dari Menteri ATR/BPN agar Masyarakat Tidak Dibodohi Mafia Tanah

Ini Tips dari Menteri ATR/BPN agar Masyarakat Tidak Dibodohi Mafia Tanah

Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil mengakui, praktik mafia tanah di Indonesia saat ini harus segera ditangani melalui sinergi antara pemerintah dan masyarakat, yaitu dengan pemberian pemahaman soal masalah pertanahan.

 

BACA JUGA: Apindo Adakan Kegiatan Vaksinasi di SMK 1 Labuhan Maringgai

"Yang pertama, yang bikin banyak korban di masyarakat adalah penipuan dengan meminjam (sertifikat), pura-pura beli rumah," kata Sofyan dalam telekonferensi, Selasa (19/10/2021).

 

"Karena mau membeli rumah, dia minta sertifikat ya kan. Sertifikat ini dipalsukan atau kemudian dikasih uang muka, dimana harga rumah Rp20 miliar namun dikasih uang muka Rp1 miliar saja. Kemudian diberikan pinjaman sertifikatnya. Nah ini yang terjadi praktiknya," jelasnya

 

Tips selanjutnya menurut Sofyan Djalil adalah harus melibatkan notaris PPAT. Meskipun, Sofyan juga tak menyangkal bahwa ada sejumlah PPAT yang juga bagian dari mafia tanah.

 

"Kita akan ambil tindakan keras. Kita pecat kalau ketahuan, dan sekarang sudah ada yang kita pecat PPAT-nya. Jadi hati-hati masyarakat, kalau misalnya nanti mengecek tanah, mengecek sertifikat, itu jangan dilepas kepada pihak ketiga untuk mengecek karena bisa dipalsukan. Harus ada pengawalan yang bagus," pungkasnya. (Riduan)



BACA JUGA: Kumpulan Lengkap Twibbon Maulid Nabi 2021, Banyak Yang Menarik



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong