Logo Saibumi

Gaya Hidup Sehat, Cuci Tangan Pakai Sabun Jadi Cara Jitu Antisipasi Virus Corona

Gaya Hidup Sehat, Cuci Tangan Pakai Sabun Jadi Cara Jitu Antisipasi Virus Corona

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Cuci tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah untuk mencegah penyebaran penyakit. Tanpa disadari, tangan sering kali menjadi perantara dari berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui manfaat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

 

BACA JUGA: 6 Manfaat Buat Seri Bagi Tubuh

Ketua Ikatan Dokter Indonesa (IDI) Bandar Lampung, dr. Khadafi Indrawan mengatakan bahwa cuci tangan sangatlah penting di masa pandemi seperti saat ini.

 

"Jadi memang cuci tangan dengan sabun itu sangatlah penting di masa pandemi seperti saat ini, karena cuci tangan dengan sabun yang benar dapat membersihkan tangan kita dari kuman masuk ke dalam tubuh kita," ungkapnya kepada saibumi.com, Sabtu (16/10/2021).

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, terkait mencuci tangan dengan air dan sabun, hendaknyadilakukan 20-60 detik. Sebab, sabun antibakteri membutuhkan waktu 20 detik untuk membunuh kuman penyakit.

"Untuk tata cara cuci tangan yang benar yang pertama diketahui adalah waktu yang tepat seperti sebelum dan sesudah makan, dan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan jangan cepat selesai,"terangnya.

 

dr. Khadafi Indrawan pun tak menampik, bahwa angka kepatuhan mencuci tangan di Indonesia masih rendah. Maka dari itu ia pun mengimbau agar masyarakat jangan lengah meski saat ini Kota Bandarlampung angka penyebaran covid-19 menurun. Namun, masyarakat tetap harus menjaga protokol kesehatan dan selalu mencuci tangan.

 

"Jangan lupa juga memang negara kita, angka kepatuhan mencuci tangan dengan sabun masih rendah. Namun, tetap jangan lengah, tetap patuhi protokol kesehatan dan selalu mencuci tangan dengan sabun. Untuk para siswa-siswi yang sedang sekolah tatap muka juga jangan lengah, selalu mencuci tangan dengan sabun," pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Ini Dia Cara Menghilangkan Trauma Pasca Sembuh dari Covid-19



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong