Logo Saibumi

6 Manfaat Buat Seri Bagi Tubuh

6 Manfaat Buat Seri Bagi Tubuh

Saibumi.com (SMSI) - Buah Seri atau Buah Kersen merupakan buah yang mirip dengan ceri dari segi bentuk dan warna. Keberadaannya tidak sulit ditemukan karena banyak tumbuh di pinggir jalan.

 

BACA JUGA: Ini Dia Cara Menghilangkan Trauma Pasca Sembuh dari Covid-19

 Tidak heran jika buah kersen sering dianggap sebagai tanaman liar.

 

Meskipun begitu, buah yang memiliki rasa manis ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini 6 manfaat buah karsen seperti yang dikutip dari suara.com

 

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah Seri memiliki vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan ini dikenal dapat meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh menjadi lebih kebal. Cobalah untuk mengonsumsi buah ini usai makan setiap hari.

 

  1. Memelihara Sistem Pencernaan

Buah kersen juga punya kandungan serat yang dikenal ampuh dalam memelihara sistem pencernaan.

  1. Mengatasi Hipertensi

Menurut sebuah penelitian di tahun 2018, buah kersen menjadi salah satu alternatif yang bisa mengatasi hipertensi. Hal ini dikarenakan kandungan oksidanitrat yang mampu merelaksasi pembuluh darah. Jadi, darah akan lebih mudah mengalir dan mengurangi tekanannya.

 

  1. Mencegah Anemia

Buah kersen juga kaya akan zat besi. Sudah diketahui, jika kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia. Penyakit ini biasanya ditandai dengan tubuh yang mudah lelah, sakit kepala, dan berwajah pucat.

 

  1. Meredakan Nyeri

Buah seri juga mengandung Analgesik. Efek ini diperoleh dari vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut mampu mengelola nyeri dengan meredakannya, sehingga kamu tidak merasakan sakit lagi.

Namun, perlu diingat bahwa kersen tidak bisa menyembuhkan nyeri. Ia hanya mampu menghambat dan meredakan saja.

 

  1. Menyehatkan Jantung

Buah kersen memiliki nutrisi yang berfungsi dalam melindungi miokardium. Jika sampai rusak, otot-otot jantung ini mengakibatkan penurunan dalam membatasi kebocoran enzim. Kondisi tersebut dapat mengganggu kesehatan jantung.

Nah, buah kersen ini akan bekerja mencegah kebocoran tersebut. Jadi, jantung bisa tetap aman dan terlindungi dari berbagai masalah yang dapat merusak fungsinya.

 

Itulah keenam manfaat buah kersen. Lalu, apakah kamu sering menjumpainya di jalan?

 

BACA JUGA: Kasus Dan Kematian Akibat Kanker di Indonesia Tertinggi se ASEAN, Ini Cara Mengeceknya



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong