Logo Saibumi

Dinas Perindag Fasilitasi SMK Dengan Perusahan

Dinas Perindag Fasilitasi SMK Dengan Perusahan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lampung memfasilitasi pihak Perusahaan dan SMK dalam mencapai nota kesapahaman dan perjanjian kerjasama dalam pengembangan Link and Match.

 

BACA JUGA: Gubernur Arinal Djunaidi Lepas Peserta Seleksi Tilawatil Qur'an ke-26 ke Maluku Utara, Siapkan Bonus Bagi yang Meraih Juara

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dunia vokasi (SMK) dan dunia industri agar saling memberikan kontribusi positif.

 

Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Disperindag Lampung Elvira Umihanni memaparkan, pengembangan Link and Match antara SMK dan perusahaan industri di Lampung.

 

"Industri menerima anak-anak SMK untuk praktik kerja industri, dan SMK nya menyesuaikan kebutuhan industri, termasuk kurukulumnya," ujar Elvira dalam sambutan.

 

Elvira menjelaskan, setelah anak-anak SMK lulus maka bisa langsung diterima di industri karena kompetensinya sudahĺ sesuia kebutuhan industri.

 

"Sehingga kita menyediakan tenaga yanh kompeten dan dibutuhkan industri,"

 

Terkait Link and Match, Ia mengatakan kedua pihak membuka diri untuk melakukan penyesuaian, baik anak murid maupun gurunya.

 

Selanjutnya, Ia juga memaparkan lebih jauh bahwa selain nota kesepahaman, kegiatan ini ada perjanjian kerja sama (PKS).

 

"MoU sifatnya umum, kalau PKS lebih detail karena dalam satu tahun, Industri siap menerima anak-anak vokasi murid dan gurunya berapa orang?, kemudian berapa dana yang mereka siapkan untuk membantu Link and Match,"

 

Hal ini karena sesuai peraturan Mentri Keuangan (Permenkeu) no 128/7PMK.010/2019/ tentang pengurangan penghasilan bruto, dimana pemerintah dapat memberikan fasilitas pengurangan pajak terhadap Industri yang melaksanakan Link and Match tersebut.

 

Elvira berharap Disperindag bisa berkontribusi memfasilitasi industri mendapatkan tenaga kerja yang kompeten sesuia kebutuhan.

 

"Secara makro mengurangi pengangguran lulusan SMK dan untuk industrinya roda perekonomian terus bergerak," tandasnya.

 

Diketahui, dalam kegiatan ini dihadiri oleh 27 perwakilan SMK se Lampung dan beberapa perusahaan, Apindo.

 

Selain Mou denga SMK , juga dilakukan penandatangan MoU dan PKS dengan Apindo dan Perguruan Tinggi Darmajaya, usai acara MOu tersebut Disperindag mengadakan diskusi terfokus terkait Link and Match.


Diskusi menghadirkan berbagai pemateri dari berbagai narasumber seperti sari perusahan GGP, Dinas Pendidikan, Apindo , Perwakilan Kepala Sekolah, dan Perusahaan lainnya (*)

BACA JUGA: Jadi Identitas Bangsa, KPw BI Provinsi Lampung Gelar Sosialisasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong