Logo Saibumi

Gurupppk.kemdikbud.go.id, dsini Cara Cek Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap 1

Gurupppk.kemdikbud.go.id, dsini Cara Cek Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap 1

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Sebanyak 173.329 guru honorer lolos seleksi ASN PPPK Guru 2021 tahap pertama.  Buruan cek di Link gurupppk.kemdikbud.go.id

 

BACA JUGA: Kreatif Lomba Melukis Tingkat Pelajar, Kodim Bojonegoro Gelar Komsos

Jumlah ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim pada siaran virtual Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Guru ASN PPPK, Jumat (08/10/2021).



"Dengan status sebagai ASN PPPK, guru honorer yang diangkat juga akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengikuti program peningkatan kompetensi sehingga akan berimbas pada peningkatan kualitas pengajaran yang diterima oleh pelajar-pelajar Indonesia," terang Nadiem.


Nadiem turut menjelaskan bahwa pemerintah pusat sebelumnya telah menyediakan sebanyak 1.002.616 formasi guru ASN PPPK. Kemudian, jumlah yang diajukan oleh pemerintah daerah adalah 506.252 formasi.


Pengumuman peserta yang lolos ASN PPPK Guru 2021 tahap 1 bisa dilihat di gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/ dan baru bisa dicek pada pukul 12.00 WIB.



Pada seleksi ini, pemerintah telah menetapkan sejumlah kebijakan afirmasi. Kebijakan afirmasi yang dimaksud adalah tambahan nilai dari nilai maksimal kompetensi teknis.



Bagi yang memiliki sertifikat pendidik, diberikan tambahan afirmasi 100%. Kemudian, untuk usia di atas 35 tahun diberi tambahan afirmasi 15%, penyandang disabilitas mendapat tambahan 10%, dan untuk guru honorer THK-II memperoleh tambahan afirmasi 10%.



Di samping itu, pihak Kemendikbursitek dan Panselnas melakukan sejumlah penyesuaian dalam nilai ambang batas. Di antaranya, untuk usia peserta seleksi di atas 50 tahun mendapatkan 100% dari nilai maksimal kompetensi teknis dan 10% dari nilai maksimal aspek manajerial-sosiokultural serta wawancara.



Sementara, bagi seluruh peserta yang usianya di bawah 50 tahun akan mendapatkan 10% dari nilai maksimal kompetensi teknis dan 10% dari nilai maksimal manajerial-sosiokultural serta wawancara.



Dengan jumlah sebanyak 173.329 peserta yang lulus seleksi ini, maka artinya adalah 53,7% formasi guru telah terisi dari 322.663 formasi yang dilamar pada seleksi ASN PPPK Guru 2021 tahap pertama. (*)


 

 

BACA JUGA: Kumpulan Lengkap Twibbon Maulid Nabi 2021/1443 H



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong