Logo Saibumi

5 Makanan Khas Kulonprogo Yang Wajib Dinikmati

5 Makanan Khas Kulonprogo Yang Wajib Dinikmati

Saibumi.com (SMSI), Kulonprogo - Selain objek wisata alam yang beragam dan indah, alami dan asri, Bumi Handayani dikenal pula dengan makanan khasnya yang sudah terkenal nikmatnya. 

 

BACA JUGA: 7 Cemilan Malam Terbaik untuk Teman Diet, Yuk Simak!

1. Tempe Benguk Santan

 

Tempe benguk atau besengek dibuat dari kacang kara benguk. Cara pengolahannya pun agak berbeda dengan tempe biasa, di mana tempe benguk ini diolah dengan santan kental.

 

Tidak sulit menemukan makanan ini di Kulonprogo. Tempe berwarna hitam ini bisa kamu temukan dijual di pinggir jalan dengan harga yang juga sangat murah. Biasanya, makanan ini disajikan bersama geblek.

 

2. Geblek

 

Makanan khas Kulonprogo selanjutnya adalah geblek. Berwarna putih, bertekstur kenyal, serta bercita rasa gurih, geblek menjadi salah satu ikon kuliner dari Kabupaten Kulonprogo.

 

Cara memakannya bisa dipadukan dengan saus kacang khusus atau dimakan dengan tempe benguk tadi. Kamu juga akan masih mudah menemukan kuliner ini di Kulon Progo.

 

3. Enting-Enting Jahe

 

Enting-enting memiliki cita rasa yang pedas dan manis dari paduan antara jahe dan gula. Selain itu rasanya juga diperkaya dengan penambahan kacang, vanili, kelapa, dan juga wijen yang memberi aroma yang khas juga. Harganya pun cukup terjangkau, cocok banget untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

 

4. Cenil

 

Cenil dan Cetot merupakan camilan khas yang berbahan dasar pati singkong yang direbus. Pada penyajiannya, camilan ini dilengkapi dengan kelapa parut yang menghasilkan perpaduan rasa manis dan juga gurih.

 

Selain itu cenil juga dibuat dengan ditambah pewarna makanan seperti hijau, merah, dan warna-warna lainnya supaya lebih menarik. Harganya pun terjangkau, cocok untuk kamu yang suka mencari camilan khas suatu daerah.

 

5. Dawet Sambel

 

Jika pertama kali mendengar nama makanan ini, kamu mungkin akan kebingungan. Bagaimana rasanya dawet sambel? Makanan khas Kulonprogo ini memang sebuah dawet khusus dengan dilengkapi dengan bawang goreng, kecambah, dan tentunya sambal!

 

Kamu bisa mendapatkan pengalaman baru makan dawet dengan rasa yang unik dibandingkan biasanya dan dengan harga yang terjangkau juga.(tuti)

BACA JUGA: Kebab Jajajanan Kekinian Masa Kini Cocok Dijadikan Cemilan Malam Hari

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA