Logo Saibumi

Wajib Tahu! Ini Rincian Warna Cek Vaksinasi Saat Masuk Mal

Wajib Tahu! Ini Rincian Warna Cek Vaksinasi Saat Masuk Mal

Foto: Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Di tengah penurunan level PPKM, terdapat beberapa aturan baru yang diterapkan oleh pemerintah, salah satunya mewajibkan untuk memiliki aplikasi PeduliLindungi saat akan mengunjungi suatu tempat seperti mal atau tempat wisata.

 

BACA JUGA: Pos Penyekatan Jalan Raden Intan Dilonggarkan?

Meskipun kebijakan tersebut belum diterapkan di Lampung, namun tidak menutup kemungkinan akan diterapkan di Lampung

 

Diketahui sebelum masuk ke area perbelanjaan, pengunjung diwajibkan melakukan scan kode QR melalui aplikasi tersebut. kode RQ pun biasanya terletak di masing-masing pintu mal.

 

Selain melakukan check in dengan memindai kode QR, akan muncul notifikasi dengan warna yang berbeda-beda. Melalui aplikasi itu, pemerintah akan melakukan identifikasi terhadap warga.

 

Berikut rincian warna untuk mengidentifikasi yang berhasil saibumi.com himpun dikutip dari lamancovid-19.go.id.

 

1. Merah.
Menandakan dipakai untuk menandai warga yang dilarang masuk ke pusat perbelanjaan karena belum divaksin.

2. Hijau.
Menandakan seseorang seseorang telah divaksin lengkap atau disuntik dua dosis vaksin Covid-19 bisa melakukan aktivitas di ruang publik dan petugas dapat membolehkannya masuk mal.

3. Oranye.
Menandakan seseorang eseorang baru divaksin satu kali, namun diperbolehkan masuk ke area publik atau mal dengan menyesuaikan kebijakan pengelola tempat, serta dilakukan tes tambahan.

4. Hitam.
Menandakan pasien positif Covid-19 atau memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Penggunaan warna hitam dimaksudkan agar pasien Covid-19 tak berkeliaran di tempat umum seperti mal, tempat makan maupun tepat olahraga.

 

"Per 29 Agustus kemarin total masyarakat yang melakukan screening penggunaan PeduliLindungi di beberapa sektor seperti perbelanjaan, industri, olahraga, dan lainnya telah mencapai 13,6 juta orang," pungkas Luhut Binsar Pandjaitan selaku koordinator PPKM. (Riduan)

BACA JUGA: 500 Personil Gabuangan Denjaka dan Marinir Serbu Gedung Pemprov Lampung, Ada apa?

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong