Logo Saibumi

Masuk Musim Penghujan, 20 EWS Dipasang BPBD Sleman Guna Antisipasi Lahar Dingin Gunung Merapi

Masuk Musim Penghujan, 20 EWS Dipasang BPBD Sleman Guna Antisipasi Lahar Dingin Gunung Merapi

Foto: Antisipasi Lahar Dingin Gunung Merapi/ Dok.Ist

Saibumi.com(SMSI), Sleman - Memasuki musim penghujan di DIY yang diperkirakan mulai bulan Oktober, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman memastikan, sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS) dalam kondisi baik dan bisa diandalkan untuk mewaspadai potensi ancaman lahar dingin Gunung Merapi di musim penghujan.

 

BACA JUGA: Geger! Sempat Pamit ke Toilet Pria Ini Ditemukan Tewas di Lantai Dua Pasar Prambanan

Jumlahnya ada 20 EWS, untuk memantau potensi lahar dingin, berikut penjaganya. 

 

"Saat ini EWS dalam kondisi baik dan ready. Jumlahnya ada 20. Cukup untuk memantau potensi ancaman di Sleman," kata Kasi Mitigasi Bencana, BPBD Sleman, Joko Lelono, Selasa (14/9/21). 

 

Ia mengatakan, seluruh alat peringatan dini itu dipasang disepanjang aliran Sungai Gendol dan Boyong. Dua sungai yang berhulu di Gunung Merapi itu menjadi potensi ancaman lahar dingin yang masuk ke wilayah Kabupaten Sleman.

 

Joko merinci, pemasangan alat EWS di sungai Boyong, dimulai dari Turgo, Kemiri, hingga Pulowatu. Sementara di aliran sungai Gendol, EWS dipasang di Kalitengah Lor dan Kidul, Srunneng hingga di Merdi, Jambon Lor, Jaranan, Bronggang, dan Banjarsari.

 

Ada juga alat yang dipasang di Gondang Lutung dan Kali Kuning untuk memantau jika material lahar dingin meluncur lebih dari 3 kilometer dari puncak.  

 

"Kondisi saat ini baik, cuma ada satu (EWS) yang roboh di Krasak. Belum ada dana perbaikan. Kita cuma kurang disitu. Lainnya ready," kata dia. 

 

EWS dipantau 24 jam penuh dari Pusdalops (Pusat Pengendalian dan Operasi) di Pakem. Alat tersebut akan memberikan peringatan dini manakala terjadi ancaman bahaya. (Tuti)

BACA JUGA: Kulonprogo Segera Laksanakan PTM Dimulai Jenjang SMP, Ini Kata Gugus Covid-19



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong