Logo Saibumi

PPKM Mau Zona Merah Lagi? Sultan HB X Geram Biro Wisata Bawa Wisatawan ke Jogja

PPKM Mau Zona Merah Lagi? Sultan HB X Geram Biro Wisata Bawa Wisatawan ke Jogja

Foto : Gubernur DIY Sri Sultan HB X

Saibumi.com(SMSI), Yogyakarta - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mempertanyakan niat biro perjalanan membawa wisatawan datang ke Yogyakarta. Karena itu bisa membuat DIY kembali menjadi zona merah.

 

BACA JUGA: Bioskop Dibuka, Syarat Kapasitas Maksimal 50 Persen dan Wajib Pakai Aplikasi Pedulilindungi

"Karepe men merah atau apa(maunya biar zona merah atau apa -red)? kita kan gak tahu. Kan tahu kalau tutup. travel biro dimanapun kan tahu kalau semua tutup. Maunya apa? Apa gak tau? Sekedar cari duit atau apa , saya gak tahu," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (14/9/21).

 

Sultan mengaku tidak dapat memahami maksud para pelaku usaha jasa biro perjalanan wisata membawa wisatawan masuk ke Yogyakarta, saat DIY masih menerapkan PPKM level 3, dan belum membuka obyek wisata.

 

Sri Sultan menilai semua biro perjalanan wisata seharusnya tahu jika DIY masih PPKM level 3 dan belum membuka obyek wisata, sama seperti di sejumlah provinsi lain di Pulau Jawa, bahkan Bali.

 

"Wong kita kan juga sudah memberitahu semua pihak, bahwa berwisata di DIY ini sama dengan Jawa Barat, Jawa Tengah dan JawaTimur juga tidak buka kan sama. Tapi kenapa berangkat ke jogja gitu lho. Untuk memenuhi jogja, kenapa kok datang ke jogja. Sedangkan semua kebijakan PPKM Jawa Bali itu ditutup semua," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X.

 

Sultan menyebut seharusnya semua travel biro tahu jika belum ada obyek wisata buka di DIY. Yang menjadi pertanyaan kenapa mereka tetap memaksa membawa wisatawan datang ke Yogyakarta, yang kemudian hanya dilimpahkan ke satu tujuan Kawasan Malioboro.

 

"Kenapa travel biro mereka membuat program bersedia mengangkut wisatawan dari tempat mereka? sedangkan tahu kalau semua close obyek ditutup kenapa juga berbisnis dateng kepentingannya opo? gitu loh. Karena tutup, kabeh disuntakke (semua ditumpahkan-red) ke 1 Malioboro," pungkasnya. (Tuti)

BACA JUGA: Akhirnya, Pertandingan Cabor Shorinji Kempo di PON Papua Segera Dimulai



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong