Logo Saibumi

Inilah 4 Cara Tingkatkan Seretonin Untuk Menjaga Kesehatan Mental

 Inilah 4 Cara Tingkatkan Seretonin Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Foto: Pixabay

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Kesehatan mental perlu kita jaga sebab jika tergangu, maka akan mempengaruhi kesehatan fisik. Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik.

 

BACA JUGA: Pecinta Kopi? Wajib Tahu Asal Muasal Kopi yang Juga Digemari Kaum Milenial

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan serotonin agar kesehatan mental tetap terjaga. Beberapa caranya, antara lain mengonsumsi makanan sehat, olahraga rutin, dan pijat. namun, sebelum itu ketahui dulu apa itu seretonin?

 

Serotonin adalah hormon yang bertugas untuk membawa pesan antar sel dalam otak. Hormon ini berperan penting dalam memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik, sehingga kamu jadi merasa bahagia. 

 

Seseorang yang kekurangan hormon serotonin dapat membuat suasana hatinya menjadi buruk. Jika hal ini dibiarkan, tentu kesehatan mental dapat terganggu. Oleh karena itu, setiap orang perlu meningkatkan kadar hormon serotonin agar mental tetap sehat. 

 

Sebenarnya, hormon serotonin dapat ditingkatkan dengan konsumsi obat-obatan. Namun secara jangka panjang, bukan tidak mungkin ada risiko kesehatan dan masalah ketergantungan.

 

Langkah yang lebih baik yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan hormon serotonin secara alami. Tentu saja cara ini tanpa efek samping dan bahkan menyehatkan tubuh. di kutip dari halodoc berikut tips makanan yang dapat menambah hormon seretonin

 

1. Konsumsi Makanan Kaya Triptofan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hormon serotonin secara alami adalah dengan lebih banyak konsumsi makan dengan kandungan triptofan. Namun, efek ini tidak didapat secara langsung karena membutuhkan makanan lain yang kaya karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang sudah berbentuk gula dapat menyebabkan produksi insulin lebih banyak.

 

Dikutip dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Food Sciences, insulin mampu mempercepat penyerapan asam amino tetapi triptofan tetap di dalam darah.

 

Lalu, zat tersebut diserap oleh otak dan digunakan untuk memproduksi serotonin. Nah, beberapa makanan yang kaya akan kandungan triptofan adalah salmon, telur, dan keju. Namun tetap perhatikan porsi yang kamu konsumsi.

 

2. Rutin Berolahraga 

Cara lainnya untuk meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh dengan alami adalah melakukan olahraga secara rutin. Dipercaya jika olahraga dapat memicu pelepasan triptofan ke dalam darah.

Selanjutnya, otak akan menyerap dan menghasilkan serotonin. Disebutkan jika latihan aerobik sangat baik untuk hal ini, seperti dansa, sepatu roda, renang, bersepeda, dan joging.

 

3. Pijat

Jika kamu merasa membutuhkan asupan hormon serotonin, pijat dapat menjadi solusi. Bukan hanya serotonin, dopamin dan neurotransmitter lain yang berhubungan dengan suasana hati juga dapat diproduksi. Cara ini membantu tubuh untuk mengurangi kortisol, hormon yang dihasilkan tubuh saat stres. Penurunan kortisol berarti naiknya kadar serotonin.

Pijat dapat menjaga kesehatan mental dengan meningkatkan kadar serotonin dan menurunkan kadar kortisol karena perasaan rileks yang dirasakan. Selain itu, pijat juga dapat meningkatkan kesadaran antara pikiran dan tubuh. Maka dari itu, kamu disarankan untuk mendapatkan pijatan paling tidak seminggu sekali agar tubuh terasa rileks dan jauh dari masalah mental.

 

4. Menggunakan Minyak Esensial

Cara paling akhir yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon serotonin agar dijauhi dari masalah mental adalah dengan menggunakan minyak esensial. Dikutip dari penelitian yang dipublikasikan dalam Frontiers in Pharmacology, disebutkan bahwa minyak esensial dapat meningkatkan hormon serotonin dan membuat mood jadi lebih baik. Nah, cobalah untuk gunakan minyak esensial secara rutin.

 

Itulah cara meningkatkan serotonin secara alami, yang bisa kamu coba. Dengan meningkatnya hormon serotonin di dalam tubuh, kamu dapat terjauhi dari gangguan mental seperti stres dan bahkan depresi. Bukan hanya fisik yang perlu dijaga kesehatannya, mental pun perlu. Bahkan gangguan mental juga dapat memengaruhi kesehatan fisik seseorang.

BACA JUGA: Buang Air Besar Berdarah, Waspadai 6 Hal Ini Jika Mengalaminya



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong