Logo Saibumi

Menikmati Banjar dan Ukel, Jajanan Khas Kotagede

Menikmati Banjar dan Ukel, Jajanan Khas Kotagede

(sumber : pariwisatajogjakota)

Saibumi.com (SMSI), Yogyakarta - Banjar dan ukel merupakan jenis camilan kue khas Kotagede Yogyakarta. Teksturnya renyah, empuk dan terasa manis dari gula asli dan tanpa bahan pengawet.

 

BACA JUGA: Goa Kebon, Pesona Wisata Air Alami di Krembangan, Panjatan

Berbeda dari ragam kuliner khas lainnya seperti kipo, yangko, maupun legomoro yang berbahan dasar ketan. Kue banjar dan ukel ini terbuat dari perpaduan tepung, telur, gula, santan dan garam.

 

Ukel dan banjar dibuat dengan cara yang sama hanya dibedakan pada saat finishing. Ukel adalah kue banjar yang telah diberi finishing berupa gula halus, sedangkan banjar sebelum diberi finishing.

 

Jajanan tradisional khas ini telah diproduksi sejak tahun 1960 dengan resep sederhana rasa original, namun sekarang wisatawan dapat menemukan varian baru rasa cokelat dan kacang.

 

Kue banjar dan ukel merupakan suguhan istimewa yang sering disuguhkan untuk semua usia karena tekstur yang empuk dan renyah. Saat ada tamu di rumah atau ketika ada acara-acara utama, yang akan cocok ditemani dengan satu gelas minuman hangat seperti kopi maupun teh.

 

Kue banjar dan ukel dapat ditemukan dengan mudah di Pasar Legi Kotagede Yogyakarta, terutama pada pasaran Legi pada penanggalan Jawa, yang merupakan hari pasarannya. Kue khas ini dapat menjadi salah satu alternatif buah tangan khas Yogyakarta karena dapat tahan lama hingga 15 hari bila akan dibawa dalam perjalanan. (tuti)

BACA JUGA: Weekend, Manjakan Tubuh di Pemandian Air Panas Cisarua Natar



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong