Logo Saibumi

Kartu Vasin jangan Dicetak, Ini Alasannya Menurut Juru Bicara Pemerintahan untuk Penanganan Covid-19

Kartu Vasin jangan Dicetak, Ini Alasannya Menurut Juru Bicara Pemerintahan untuk Penanganan Covid-19

Foto: Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Juru Bicara Pemerintahan untuk Penangan Covid-19 menyarankan masyarakat tidak mencetak sertifikat vaksin untuk keperluan persyaratan kegiatan selama pandemi COVID-19. Sebaliknya, warga diminta mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

 

BACA JUGA: Klinik Pramata Saibumi Buka Layanan Drive Thru di Mall Kartini Lantai Dasar

Ia mengatakan, penggunaan aplikasi PeduliLindungi bertujuan untuk menjaga data pribadi yang ada dalam sertifikat vaksin.

 

"Mengingat di dalam sertifikat vaksin terdapat QR Code yang berisi data pribadi, maka masyarakat diminta untuk dapat men-download aplikasi PeduliLindungi," kata Wiku dikutip dari Suara.com jejaring Saibumi.com, Minggu (29/8/2021).

 

Wiku menilai, dengan aplikasi PeduliLindungi, masyarakat tak perlu repot untuk mencetak sertifikat vaksin dan ini dapat mencegah penyalahgunaan sertifikat vaksin.

 

"Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat tidak perlu mencetak sertifikat vaksin sekaligus juga dapat melindungi data pribadi dari potensi kebocoran dan penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," ujar Wiku.

 

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate juga pernah menuturkan jika sertifikat digital vaksinasi menyimpan data pribadi pemiliknya.

 

Data itu tersimpan pada QR Code yang ada pada sertifikat vaksin.

 

Johnny pun mengingatkan agar masyarakat yang sudah mendapat vaksinasi dan menerima sertifikat untuk tidak mengunggah di media sosial. (*)

BACA JUGA: Pengadilan Negeri Kota Agung Lockdown Selama Empat Hari



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong