Logo Saibumi

Tips Mengatur Keuangan Ala Generasi Millenial

Tips Mengatur Keuangan Ala Generasi Millenial

foto: Pixabay.com

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Sudah menjadi rahasia umum jika generasi millenial lebih konsumtif. Namun, sisi positifnya, mereka lebih menguasai perkembangan teknologi terkini. Dengan pemanfaatan yang tepat, akan menjadi salah satu alat guna menciptakan pondasi keuangan yang kuat.

 

BACA JUGA: Wujudkan Ekonomi Masyarakat, Taman Seribu Bunga di Simpang Penawar Sudah 12,5 Persen Berjalan

Perencanaan keuangan harus dilakukan sedini mungkin. Hal ini untuk memudahkan Anda mewujudkan berbagai hal yang Anda impikan. Tidak terkecuali dengan generasi millenial yang identik dengan gaya hidup praktis dan dinamis. Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengatur keuangan yang bisa diterapkan oleh generasi millenial.

 

Berikut ini ada 5 tips beberapa hal yang bisa dilakukan generasi millenial, untuk bisa merencanakan keuangannya. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi juga mengembangkan keuangan yang bermanfaat di masa depan.

 

1. Investasi

Berbicara mengenai investasi, saat ini ada banyak jenis investasi yang cocok bagi pemula bahkan yang berusia muda. Dengan modal yang terjangkau dan sistem online, memungkinkan kaum milenial untuk bisa berinvestasi demi perencanaan keuangan di masa depan.

Anda bisa memanfaatkan reksadana sebagai pilihan pertama. Apabila sudah memiliki modal lebih dan ingin memperoleh hasil lebih besar, bisa merambah Forex ataupun saham. Namun harus dipastikan telah memahami mekanismenya dan juga tidak mengusik biaya hidup yang ada.

 

2. Gunakan Uang Tunai

Saat ini aktivitas belanja lebih mudah dilakukan, karena bisa secara online. Untuk bisa memiliki kartu kredit pun juga lebih mudah. Jika tidak ingin keuangan Anda berakhir dengan banyaknya tagihan, mulai kurangi penggunaan kartu kredit dan gunakan uang tunai saat belanja.

Dengan menyediakan uang tunai dalam jumlah terbatas, maka pengeluaran Anda juga lebih mudah dibatasi. Cara ini cukup efektif untuk menekan pengeluaran yang tidak penting dan hanya menambah tagihan.

 

3. Pisahkan Dana Sesuai Fungsinya

Tidak ada salahnya mulai mengklasifikasikan alokasi dana sejak dini. Hal ini melatih Anda untuk lebih disiplin dalam mempergunakan uang. Bedakan dana untuk hidup, bayar tagihan, serta simpanan untuk kebutuhan darurat.

 

4. Rekening Khusus Tabungan

Selain simpanan khusus darurat, ada baiknya jika Anda juga membuka rekening khusus tabungan. Dimana nantinya dana tersebut akan bisa Anda alokasikan untuk berbagai rencana atau impian yang sudah direncanakan. Seperti membeli kendaraan, membuka usaha atau membeli rumah impian.

 

5. Catat Setiap Pengeluaran

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah mencatat setiap pengeluaran. Dengan adanya catatan tersebut, Anda bisa mengevaluasi aliran dana dan menyortir pengeluaran untuk kedepannya. Harapannya, tidak akan ada lagi pengeluaran yang tidak penting di kemudian hari. Agar Anda bisa lebih berhemat dalam menggunakan uang.

 

Untuk pencatatan keuangan yang praktis dan efisien, Anda bisa memanfaatkan aplikasi  Senyumku: Bank Digital & Aplikasi Catatan Keuangan. Dengan aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa mencatat keuangan secara rinci, tetapi juga bisa sekaligus membuka rekening digital.

 

Terdapat fitur celengan dengan bunga 5,5% yang bisa ditarik kapan saja dan bisa menjadi jalan menggapai impian Anda nantinya. Transfer antar bank juga lebih mudah dan bebas biaya admin tentunya. Layanan ini tersedia bagi seluruh wilayah Indonesia. Soal keamanan, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena terdaftar OJK.

 

Pencatatan keuangan harian dan bulanan Anda akan lebih rapi serta lebih praktis. Dana simpanan atau tabungan juga lebih mudah diwujudkan. Semua bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja. Senyumku, solusi pencatatan keuangan dan Bank digital yang praktis, cocok untuk kaum milenial yang dinamis.

 

Sumber Artikel

https://money.kompas.com/read/2021/07/14/181100526/milenial-ini-7-cara-mengelola-keuangan-di-masa-ppkm-darurat?page=all

https://www.kreditplus.com/article/read/tips-mengatur-keuangan-yang-terencana-untuk-generasi-milenial

https://www.simulasikredit.com/tips-mengatur-keuangan-untuk-generasi-milenial/

https://www.cekaja.com/info/6-tips-mengelola-keuangan-milenial-dan-gen-z

BACA JUGA: Dinilai Tidak Efektif, Solat Jumat Ganjil Genap Tidak Diberlakukan



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong