Logo Saibumi

Ternyata Vaksin Bagi Ibu Menyusui Bermanfaat Bagi Bayi Loh! Berikut Penjelasannya

Ternyata Vaksin Bagi Ibu Menyusui Bermanfaat Bagi Bayi Loh! Berikut Penjelasannya

Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan di Indonesia. Namun, pemberian vaksin Covid-19 untuk ibu hamil dan ibu menyusui belum menjadi prioritas.

 

BACA JUGA: Lampung Krakatau Festival Kembali Ditiadakan Tahun Ini

Menurut UNICEF, seperti dikutip dari Instagram resminya, vaksin Covid-19 aman untuk ibu dan bayi serta terbukti memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan risikonya. 

 

Kemudia dokter spesialis anak, dr. Naomi Esthernita, Sp.A(K), juga menerangkan secara tidak langsung bayi akan mendapatkan antibodi Covid-19 dari air susu ibu alias ASI, jika ibu sudah divaksinasi.

"Pasti mempengaruhi, tapi malah baik karena sekretori immunoglibulin A (IgA) dan sekretori immunoglibulin G (IgG) dari vaksin masuk ke ASI. Justru berpengaruh sangat baik. Ibu gak usah berhenti menyusui," kata dokter Naomi dalam siaran langsung Instagram bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Minggu (8/8/2021).

 

Beberapa dari kalian masih ragu apakah vaksin aman untuk ibu menyusui atau tidak. Tidak perlu khawatir karena vaksin Covid-19 yang diberikan bukan virus yang hidup melainkan virus yang sudah tidak aktif. 

 

"Kita sudah baca risetnya, 14 hari pasca suntik vaksin, sekretori immunoglibulin A (IgA) yang spesifik untuk anti SARS Cov-2 sudah ada di dalam ASI. Dan itu akan makin tinggi setelah mendapatkan booster dosis kedua. Itu nanti akan makin tinggi," tambahnya lagi.

 

Alih-alih membahayakan kesehatan, antibodi ibu yang telah divaksin justru akan dialirkan melalui ASI untuk memproteksi bayi dan anak. Berikut ini kami rangkum pentingnya memberi ASI kepada buah hati saat pandemi 

 

1. Virus Covid-19 tidak terdeteksi di dalam ASI yang terkonfirmasi positif

2. Bayi mempunyai risiko rendah untuk terinfeksi Covid-19

3. Menyusui dan kontak kulit-kulit (skin-to-skin contact) mengurangi risiko kematian bayi secara signifikan

4. Menyusui memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan potensi risiko penularan Covid-19

5. Ibu menyusui yang positif Covid-19 tetap dapat memberikan ASI dengan memperhatikan protokol kesehatan, tidak perlu tambahan formula bayi.

BACA JUGA: Harapan Jokowi Luncurkan OSS, Perkuat Investasi RI Mudah dan Kredibilitas



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong