Logo Saibumi

Harapan Jokowi Luncurkan OSS, Perkuat Investasi RI Mudah dan Kredibilitas

Harapan Jokowi Luncurkan OSS, Perkuat Investasi RI Mudah dan Kredibilitas

Resmi Luncurkan OSS Berbasis Risiko Jokowi: Tingkatkan Investasi Mudah dan Kredibelitas

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi ) pagi ini meresmikan peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis risiko. OSS merupakan sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.



“Dan dengan mengucap bismillahirohmanirohim pagi hari ini ini saya resmikan peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis risiko,” katanya, Senin (9/8/2021).

BACA JUGA: Ekonomi Provinsi Lampung Triwulan II-2021 Menguat 5,03 Persen

 

Dia mengatakan, bahwa OSS berbasis risiko merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan. Dimana layanan perizinan dilakukan secara online dan terintegrasi dengan paradigma berbasis risiko. dia juga berharap dapat meningkatkan volume investasi dan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya

 

 

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat peluncuran virtual, Senin (9/8/2021) menyampaikan, penyempurnaan OSS setelah diberlakukannya Undang-undang (UU) Cipta Kerja dengan melibatkan 18 Kementerian Lembaga (KL). Sehingga seluruh izin yang dibutuhkan kalangan dunia usaha sudah bisa diakses lewat aplikasi ini.

 

 

Aplikasi ini menghubungkan ada 4 aspek. Pertama, aplikasi ruang lingkup kabupaten/kota, kedua, aplikasi provinsi, ketiga untuk K/L dan keempat aplikasi yang ada di Kementerian Investasi.

 

 

"Dalam implementasi ini ada kendala-kendala terutama di daerah yang belum ada listriknya, atau listriknya ada setengah hari. Jadi tak semua wilayah Indonesia ada listrik," terang Bahlil

 

 

"Ada daerah mohon maaf jaringan internet belum memadai. caranya gimana? Online full dan semi online. Daerah yang listrik 6 jam per hari, dia akan urus izin pada saat listrik dinyalakan. Untuk daerah yang belum ada listrik internet, in yang sedang kami rumuskan," tutup Bahlil

 


Orang nomer 1 di Indonesia, Presiden RI Joko Widodo tentu berharap agar para pengusaha, para investor dan pelaku UMKM memanfaatkan OSS ini. Dia mengatakan bahwa OSS merupakan layanan super mudah dan transparan. Diyakini juga bahwa hal ini akan membuat iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin baik.

BACA JUGA: Inovatif, Cara Fakultas Filsafat Kenalkan Kampus UGM Dengan Game Virtual



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong