Logo Saibumi

Rancangan Perubahan KUA PPAS Tahun Anggaran 2021, Pemulihan Ekonomi, Kesehatan dan Peningkatan SDM Jadi Prioritas Belanja Tahun 2022

Rancangan Perubahan KUA PPAS Tahun Anggaran 2021, Pemulihan Ekonomi, Kesehatan dan Peningkatan SDM Jadi Prioritas Belanja Tahun 2022

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan Rancangan Perubahan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Rancangan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2021, dalam Sidang Paripurna DPRD Provinsi Lampung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung, Selasa (3/8/2021).

 

BACA JUGA: Daun Sungkai Belum Memiliki Bukti Ilmiah Sebagai Penangkal Virus Covid-19

Dalam sidang itu, Gubernur Arinal menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung memprioritaskan kebijakan Belanja Daerah tahun 2022 untuk memantapkan pemulihan ekonomi dan kesehatan serta peningkatan SDM berkualitas.

 

Adapun program prioritas pembangunan tahun 2022 yakni peningkatan investasi dan nilai tambah produk unggulan, peningkatan kualitas SDM dan pembangunan infrastruktur. Selanjutnya, reformasi birokrasi, kehidupan masyarakat yang religius aman dan berbudaya, pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan mitigasi bencana.

 

"Ini mengarahkan pada Visi Pembangunan Lampung, yaitu Rakyat Lampung Berjaya," ujar Arinal.

 

Arinal menyebutkan pada tahun 2021 ini, secara keseluruhan perekonomian Lampung diprakirakan akan tumbuh menguat dibandingkan pertumbuhan ekonomi 2020. Ia menjelaskan tingkat pengangguran terbuka juga diprediksikan akan terus menurun.

 

Menurutnya, peningkatan investasi dan seiring dengan penurunan kebijakan pembatasan sosial secara bertahap maka lapangan pekerjaan secara berangsur-angsur juga akan terbuka.

 

"Yang memberi kesempatan kepada angkatan kerja untuk bekerja kembali, sehingga tingkat pengangguran terbuka akan menurun, sebagai akibat pertumbuhan ekonomi membaik," katanya.

 

Arinal mengatakan tingkat kemiskinan di Provinsi Lampung diprediksi akan menurun pada Tahun 2021 di kisaran 11 - 12 persen.

 

Hal ini seiring dengan pemulihan ekonomi daerah dan peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah serta percepatan pemulihan ekonomi dan efektifitas vaksin Covid-19.

 

"Tahun 2021 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Lampung juga diprediksi mengalami peningkatan di kisaran 70,5 – 72,1 seiring pemulihan ekonomi dan efektifitas vaksin Covid-19," ujarnya.

BACA JUGA: Lampung, Kasus Kekerasan Anak Masih Tinggi



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong