Logo Saibumi

Akhiri Perdagangan Orang di Muka Bumi

Akhiri Perdagangan Orang di Muka Bumi

Saibumi.com (SMSI), Pringsewu - Wakil Bupati Pringsewu Dr. Fauzi membuka Webinar via zoom yang diselenggarakan oleh JPIC-FSGM, JMMPO Kabupaten Pringsewu dengan tema "Akhiri Perdagangan Orang di Muka Bumi", yang dilaksanakan di Rumah Dinas, Selasa (03/08/2021).

 

BACA JUGA: Bayi Mungil 1 Bulan Butuh Uluran Tangan Dermawan

Kabupaten Pringsewu sejak tahun 2015 telah membentuk gugus tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), namun belum sepenuhnya masyarakat memahami dengan benar dan turut ambil bagian.

 

Usaha-usaha sosialisasi pencegahan TPPO telah dilakukan oleh JMMPO (Jaringan Masyarakat Menentang Perdagangan Orang) Kabupaten Pringsewu bekerja sama dengan JPIC-FSGM Indonesia, PKK, GOW dan KWT Kabupaten Pringsewu, namun tetap belum cukup, insan pendidikan, insan kesehatan, pengusaha juga harus turut bekerja bersama bergandengan tangan memberantas para Trafficker yang berkedok sponsor.

 

Fauzi mengatakan, "Tujuan dilaksanakannya Webinar ini diharapkan munculnya kesadaran bersama dari semua pihak (pemerintah, para pendidik, pekerja sosial kemanusiaan, penegak hukum dan masyarakat luas) untuk memberantas oknum yang menghalalkan segala cara demi uang dengan tega menjual sesamanya", ungkapnya.

 

Nurul Qoriah selama ini telah membantu memberikan pemahaman tentang Human Trafficking di Pringsewu, saat ini tinggal di Thailand dan bekerja di ASEAN-ACT. Sedangkan Alex Ong dari Migrant Care telah membantu pendampingan korban perdagangan orang dari Kabupaten Pringsewu.

 

Kabupaten Pringsewu memiliki warga yang banyak berminat menjadi Pekerja migran ke luar negeri, bahkan menjadi nomor dua pengirim terbanyak sesudah Kabupaten Lampung Timur di Provinsi Lampung.

 

Perdagangan orang merupakan salah satu bentuk kejahatan transnasional yang bertentangan dengan harkat dan martabat manusia serta melanggar HAM, sehingga masalah perdagangan orang menjadi permasalahan global. Berbagai upaya telah dilakukan guna mencegah terjadinya praktik perdagangan orang.

 

Secara normatif, aturan hukum telah diciptakan baik ditingkat internasional maupun nasional. Ketentuan internasional yang dibuat menunjukkan bahwa perdagangan orang menjadi permasalahan global dan menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat di dunia untuk dihapuskan. Negara Indonesia sendiri telah berupaya menangani perdagangan orang dengan mengesahkan UU No. 21 THN 2007.(*)

BACA JUGA: Bersih-Bersih Lingkungan, Polres Pringsewu Adakan Bhakti Sosial



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong