Logo Saibumi

Terpapar Covid dan Hilang Indera Penciuman, Wajib Disyukuri

Terpapar Covid dan Hilang Indera Penciuman, Wajib Disyukuri

Saibumi com(SMSI), JOGJA - Ternyata Anosmia adalah pertanda baik! Selama ini masyarakat Indonesia salah duga, Dokter Findrilia Savira bongkar rahasia kalau kehilangan indera pencium (Anosmia) justru sesuatu yang harus disyukuri, kok gitu?

 

BACA JUGA: Wajib Konsumsi 10 Makanan Ini Jika Kamu Duduk Telalu Lama

Sejauh ini, gejala paling umum yang dirasakan oleh penyintas covid-19 adalah anosmia. Anosmia sendiri artinya adalah kehilangan indera pencium.

 

Dunia mendadak tanpa aroma bagi para penyintas covid-19 ketika mengalami gejala ini. Sehingga, bagi beberapa orang yang baru saja tertular dan merasakan gejala ini langsung panik dan ketakutan. Mereka tentu khawatir bila gejala yang muncul akan semakin parah

 

Padahal, kata dokter Findrilia Sanvira, gejala anosmia justru petanda baik bagi penyintas covid-19, kok bisa ya?

 

Dilansir akun Tiktok @dr.findriliasanvira, ia menjelaskan bahwa gejala anosmia menunjukkan bahwa gejala covid tidak akan parah. Hal ini sudah dibuktikan melalui kajian ilmiah dan disetujui oleh WHO. Menurut istilah medisnya, anosmia menjadi tanda bahwa prognosisnya baik.

 

Anosmia sendiri merupakan reaksi inflamasi yang terjadi ketika pertahanan tubuh kita cukup baik dalam melawan virus covid-19. Sebagian besar penyintas covid-19 yang mengeluhkan kehilangan indera pencium biasanya hanya perlu isolasi mandiri di rumah.

 

Lalu apakah yang perlu dirawat di rumah sakit tidak mengalami anosmia?

Menurut penjelasan Dokter Findrila, kenyataannya memang demikian. Data menunjukkan bahwa pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang perlu dirujuk ke rumah sakit biasanya tidak merasakan anosmia.

 

Ia menjelaskan bahwa anosmia merupakan ciri bahwa prognosis dalam tubuh kita cukup baik. Sehingga durasi untuk sembuhnya juga tidak terlalu lama selama imun tubuh kita tetap terjaga.

 

Jadi, jangan buru-buru panik berlebihan ya kalau salah satu di antara orang di sekitar kita mengeluh anosmia. Karena justru itu pertanda baik.

 

Anosmia dan Cara Mengatasinya

Anosmia itu artinya "kekurangan indra penciuman". Sebetulnya ada gunanya juga. Kalau ada bau-bauan yang tidak sedap, tidak terganggu. Anosmia banyak disebut pada "musim" Covid ini. Itu adalah salah satu gejala terpapar Covid.

 

Ini 5 cara mengatasi anosmia :

1.Latihan mencium bau

   Mencium bau kopi, minyak kayu

   putih, teh.

2.Bawang putih

   Geprek 5 siung. Rebus selama 2

   menit. Lalu, minum.

  1. Lemon

    Diminum campur madu

  1. Jahe

    Geprek, rebus 15 menit. Diminum

  1. Daun mint

    Rebus 10-15 helai. Minum

 

Tidak harus ke-5 nya dilakukan sekaligus. (wawan)

BACA JUGA: Ternyata Karang Gigi Bisa Jadi Tanda Jantung bermasalah, Ini Penjelasan dr. Zaidul Akbar.



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong