Logo Saibumi

Kemenkes RI: Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen pada Pasien Isolasi Mandiri di Rumah

Kemenkes RI: Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen pada Pasien Isolasi Mandiri di Rumah

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung – Salah satu kebutuhan vital pada pasien Covid-19 adalah oksigen. Jika saturasi oksigen dalam darah kurang dari 95 persen, seseorang bisa mengalami gangguan atau kesulitan bernapas. Jumat, (22/02/2021)

 

BACA JUGA: Kejati Lampung Ikuti Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke 61 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke 21 Secara Virtual

Pasien COVID-19 biasanya memiliki tingkat oksigen di dalam darah yang rendah. Hal ini dikarenakan sirkulasi oksigen pada pasien terhambat akibat adanya infeksi virus pada paru-paru.

 

Kondisi tersebut yang mengakibatkan penumpukan cairan yang menyulitkan oksigen masuk ke tubuh. Namun, tak perlu khawatir jika saturasi oksigen turun di bawah 95 persen. Ada cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan saturasi oksigen agar kembali ke level normal.

 

Cara sederhana untuk meningkatkan saturasi oksigen bagi yang sedang isolasi mandiri yaitu dengan melakukan teknik proning. Untuk mempraktikkan teknik pernapasan ini, pasien harus dalam posisi berbaring tengkurap untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen.

 

Kami akan memberikan tips bagaimana meningkatkan saturasi oksigen yang bisa dilakukan bagi pasien isolasi mandiri di rumah

 

Ada beberapa tips yang di sampaikan Kementrian Kesehatan RI melalui akun instagramnya @kemenkes_ri, cara meningkatkan saturasi oksigen untuk pasien isolasi mandiri di rumah.

 

  1. Anda harus berbaring di atas perut selama 30 menit, gunakanlah alas dan bantal di bawah leher, pinggul, dan kaki.

 

  1. Kedua yaitu bisa dengan posisi berbaring ke sisi kanan selama 30 menit. Gunakan alas dan bantal di bawah leher, pinggul, dan dijepit oleh kedua kaki.

 

  1. Posisi ketigaadalah dengan berbaring sambil duduk selama 30 menit dan gunakan penyangga bantal dengan posisi setengah duduk.

 

Bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri lakukan pengecekan ini secara berkala. Pengecekan saturasi oksigen juga dapat menggunakan alat pulse oximeter, Pengukurannya dilakukan dengan cara menjepitkan oximeter pada jari tangan. pengecekan ini bisa dilakukan di rumah. Dengan melakukan teknik proning tersebut, upayakan berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. 

 

Apabila teknik ini sudah sering dilakukan namun belum bisa meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh, maka segera ke faskes terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut

 

BACA JUGA: Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Lampung Selatan Lakukan Klarifikasi Terhadap Notaris



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong