Logo Saibumi

Pembangunan Bendungan Way Sekampung Telan Biaya APBN Hingga Rp 2,7 Triliun

Pembangunan Bendungan Way Sekampung Telan Biaya APBN Hingga Rp 2,7 Triliun

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Proyek pembangunan Bendungan Way Sekampung yang berada di Kabupaten Pringsewu kini telah selesai.


Pembangunan bendungan ini menggunakan biaya APBN hingga Rp 2,7 Triliun. Hal ini seperti yang disebutkan oleh Kementerian PUPR dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA: 4 Tips Ahass Astra Motor Natar Merawat Radiator


Bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 68, 06 juta meter kubik dan luas genangan hingga 800 hektar.


Manfaat yang nantinya akan didapatkan dari bendungan ini yaitu sebagai penyedia air baku sebesar 2.482 liter/detik, mereduksi genangan banjir, penyedia irigasi untuk 72.707 hektar, berpotensi sebagai sumber listrik mikrohidro 5,4 Mega Watt, mereduksi banjir hingga 185 meter kubik/detik dan sebagai tempat wisata.


Selain Bendungan Way Sekampung, ada lagi bendungan lain yang tengah dibangun di Provinsi Lampung yaitu Bendungan Margatiga di Lampung Timur yang hingga saat ini progresnya telah mencapai 75% dan diperkirakan akan selesai pada akhir 2021.


Bendungan Margatiga sendiri memiliki kapasitas tampung sebesar 42,31 juta meter kubik dan diproyeksikan akan mengaliri lahan irigasi seluas 16.588 hektar.


Kedua bendungan ini dibangun untuk meningkatkan jumlah tampungan air dan mendukung lumbung pangan nasional. (SB.06)

 

BACA JUGA: Berikut Jenis Oli dan Waktu Terbaik Untuk Ganti Oli di Ahass Astra Motor Natar



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong