Logo Saibumi

4 Tips Ahass Astra Motor Natar Merawat Radiator

4 Tips Ahass Astra Motor Natar Merawat Radiator

Saibumi.com (SMSI), Natar - Sepeda Motor Honda
Beberapa skuter matik, motor bebek, dan motor sport, sudah dilengkapi dengan sistem pendingin cairan atau radiator. Namun, tak semua pemilik motor memahami bagaimana cara perawatannya.


Berbeda dengan motor berpendingin udara, pada motor berpendingin cairan, proses pendinginan mesin dibantu komponen pendingin tambahan yakni radiator dan perlengkapannya.

BACA JUGA: Berikut Jenis Oli dan Waktu Terbaik Untuk Ganti Oli di Ahass Astra Motor Natar


Untuk meredam panas, air radiator atau coolant pada kondisi mesin dingin sudah berada pada water jacket di dalam blok silinder mesin. Di antara sirip radiator terdapat lorong-lorong yang biasa disebut kisi-kisi dan akan terisi oleh coolant untuk melepas panas.”ungkap Mekanik Astra Motor Natar Ade Saputra.


Pentingnya merawat radiator pada sepeda motor karena ada hubungannya dengan performa motor itu sendiri.


Saat temperatur mesin berlebih, maka berpotensi terjadi overheat hingga mengakibatkan mogok. Berikut beberapa cara yang bisa BroSis lakukan untuk merawat radiator:


1. Menguras Cairan Coolant Cairan coolant ada pada radiator perlu dikuras secara berkala, sesuai dengan petunjuk pada buku service di masing-masing tipe sepeda motor. Pengurasan air coolant sebaiknya dilakukan di bengkel resmi.


2. Gunakan Cairan Coolant yang Direkomendasikan Bagi pengguna sepeda motor Honda, selalu menggunakan air coolant khusus yang di rekomendasikan, salah satunya Pre-Mix Coolant AHM untuk menambah maupun mengganti air coolant. Air Coolant yang dikeluarkan AHM diklaim memiliki beberapa kelebihan, seperti tidak membeku pada suhu nol derajat dan tidak mendidih pada suhu 100 derajat, tidak menimbulkan karat, tidak meninggalkan sisa kotoran di dalam radiator, dan tidak menimbulkan buih.


3. Rutin Bersihkan Kisi-kisi Radiator Kisi-kisi atau sirip pendingin radiator perlu dibersihkan dari kotoran atau debu yang menempel. Namun, perlu hati-hati dalam membersihkannya agar tidak merusak sirip pendingin tersebut.


4. Jangan Gunakan Cover Radiator Sembarangan Hindari penggunaan cover atau pelindung radiator yang menutup keseluruhan radiator. Sepeda motor yang sudah dilengkapi radiator dari pabrikan tentunya dilengkapi juga dengan lampu indikator pada panel meter.


Selama lampu indikator tidak menyala atau berkedip, maka kondisi sistem pendinginannya dalam kondisi baik. Namun sebaliknya, apabila lampu indikator tersebut menyala, artinya ada kesalahan dalam sistem pendinginan. Sebaiknya, sepeda motor segera dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan.


Untuk pemeriksaan lebih lanjut BroSis bisa konsultasikan ke mekanik profesional di AHASS Astra Motor Natar yaa. Yuk, lebih rutin lagi cek kondisi motor, supaya tetap prima dan gas teruusss.

Info Hubungi kami di 0721 92661 atau 081271830826.(SB05)

BACA JUGA: Tips Ahass Astra Motor Natar Dalam Membeli



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong