Logo Saibumi

Fenomena Astronomi Hari Ini: Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021

Fenomena Astronomi Hari Ini: Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Fenomena astronomi Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan dapat disaksikan dari permukaan Bumi pada hari ini, Kamis, 10 Juni 2021. Gerhana Matahari Cincin terjadi disebabkan posisi Matahari, Bulan, dan Bumi sejajar.

Pada saat terjadi Gerhana Matahari Cincin, Bulan yang menutupi Matahari akan tampak lebih kecil, sehingga tidak dapat menghalangi seluruh cahaya Matahari.

BACA JUGA: Masa Berlaku Rapid Antigen, Swab PCR dan GeNose Covid-19

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Gerhana Matahari Cincin kali ini juga bertepatan dengan fase bulan baru yang terjadi pada pukul 17.52.33 WIB/18.52.33 WITA/19.52.33 WIT dengan jarak 404.245 km dari Bumi (geosentrik) dan terletak di konstelasi Taurus.

Gerhana Matahari Cincin ini bisa disaksikan secara penuh di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta kawasan Siberia (Rusia) dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43.05 WIB/18.43.05 WITA/19.43.05 WIT.

Fenomena Gerhana Matahari Cincin kali ini tidak dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia dikarenakan wilayahnya tidak terkena bayangan penumbra bulan sehingga bulan tidak nampak menutupi matahari. Indonesia dapat menyaksikan Gerhana Matahari Cincin ini sekitar 10 tahun lagi yaitu pada 21 Mei 2031 di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi dan Maluku (SB.06)

BACA JUGA: Rajin Ganti Oli Tapi Motor Masih Cepat Panas? Mungkin Ini Penyebabnya



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong