Logo Saibumi

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Menguat Hari Ini

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Menguat Hari Ini

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Nilai tukar rupiah naik 0,87 persen atau 125 poin menjadi Rp14.160 per dolar AS. Sedangkan Indeks dolar AS naik 0,01 persen ke 90,245 berdasarkan data Bloomberg. Senin, 10 Mei 2021.

Menurut Ibrahim Assuaibi, Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, rupiah memiliki peluang untuk melanjutkan penguatan di tengah pelemahan dolar AS.

BACA JUGA: Pengaman Mudik Di Pesisir Tengah Terus Diperketat

"Meski berfluktuasi, rupiah diprediksi ditutup menguat di rentang Rp14.250-Rp14.310 per dolar AS," ujarnya dalam publikasi riset. Dikutip dari Bisnis.com.

Penguatan mata uang rupiah ini didorong oleh dolar AS yang menurun ke level terendah satu minggu. Patokan imbal hasil Treasury AS 10-tahun turun mendekati level terendah dua minggu didukung data ekonomi positif dari AS.

Bank Indonesia mencatat cadangan devisa pada April 2021 mencapai US$138,8 miliar, naik dari bulan sebelumnya US$137,1 miliar. Peningkatan ini dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah. BI memastikan posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,0 bulan impor atau 9,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Posisi cadangan devisa berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. (SB.06)

 

BACA JUGA: Cegah Penularan Covid-19 saat Libur Lebaran Pelayanan Kontak Tidak Langsung Tetap Jadi Prioritas



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong