Logo Saibumi

Liga 1 2022/2023 Resmi Digulirkan Desember Dengan Sistem Bubble

Liga 1 2022/2023 Resmi Digulirkan Desember Dengan Sistem Bubble

Saibumi.com (SMSI), Jogja - Laga lanjutan Liga 1 2022/2023 yang dihentikan sejak tragedi Kanjuruhan beberapa waktu yang lalu rencananya akan mulai bergulir lagi pada 5 Desember mendatang. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2022/2023 resmi mengantongi izin untuk kembali menggelar pertandingan kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air. PT LIB sendiri sudah mendapatkan izin penyelenggaraan event dari Polri pada Jumat (2/12/2022) kemarin.

 

BACA JUGA: SMSI-Bawaslu Lampung Teken MoU Awasi Pemilu 2024

Dikutip dari Bolasport.com, Mabes Polri telah mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa perizinan penyelenggaraan kegiatan olahraga dikeluarkan dari pihak keamanan di level daerah kemudian ke pusat.

 

Sistem Buble

Kompetisi Liga 1 2022/2023 rencananya akan dilanjutkan dengan sistem buble di lima stadion yang ada di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Stadion yang akan digunakan untuk gelaran Liga 1 2022/2023 yakni Stadion Sultan Agung, Stadion Maguwoharjo, Stadion Moch Soebroto dan Stadion Manahan dan Stadon Jatidiri Semarang.

 

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, mengatakan ini kabar yang sangat menggembirakan bagi pihaknya dan 18 klub Liga 1 2022/2023. Ferry Paulus mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu menggulirkan kembali kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air.

 

"Terima kasih kepada Mabes Polri, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian PUPR, dan Kementerian Kesehatan atas perhatian dan kerjasamanya selama ini,” jelas Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, dilansir BolaSport.com dari laman resmi PT LIB.

 

Lebih lanjut Ferry Paulus menginformasikan bahwa berdasarkan surat rekomendasi lanjutan putaran pertama tersebut, Liga 1 2022/2023 akan dimulai pada 5 Desember 2022. Ia juga mengatakan bahwa selama sistem bubble pertandingan digelar tanpa penonton.

 

“Lalu, putaran pertama akan berakhir pada akhir Desember, dan pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton di stadion,” tambah Ferry Paulus.

 

Sebelumnya, proses untuk mendapatkan izin lanjutan Liga 1 2022/2023 tersebut sangat berliku. Selaku operator kompetisi, PT LIB harus berkomunikasi dengan banyak pihak.

 

Dimulai dengan audiensi dengan Menpora, kemudian rapat koordinasi (rakor) dengan Kemenpora, Kemenkes, Kementerian PUPR, dan Mabes Polri. Terakhir, pada awal pekan ini, PT LIB Kembali melaksanakan rakor dengan Mabes Polri di Jakarta.

 

“Prosesnya panjang dan memang banyak hal yang harus kami komunikasikan dengan berbagai pihak. Contohnya komunikasi dengan Mabes Polri," jelasnya.

 

Dalam hal ini Mabes Polri sampai memastikan bahwa semuanya harus menyesuaikan dengan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga."

 

"Untuk memastikan hal itu, pada Kamis (1/12/2022) Mabes Polri mengirimkan tim khusus untuk meninjau sekaligus memastikan sistem manajemen pengamanan di lima stadion di Jawa Tengah dan DIY,” pungkas Ferry. (ONE)

BACA JUGA: UMK Bandar Lampung 2023 Diperkirakan Naik

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.