Logo Saibumi

Apa itu domain Indonesia? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa itu domain Indonesia? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Saibumi.com (SMSI), Domain adalah salah satu elemen penting dalam membuat website. Tanpa nama domain, sebuah website atau blog akan lebih sulit ditemukan oleh para pengunjung karena harus menggunakan IP Address yang terdiri dari serangkaian nomor unik.

 

BACA JUGA: Kios BRI Link di Natar Disatroni Maling, Uang Tunai Rp13 juta Raib 

Saat ini ada banyak pilihan ekstensi nama domain yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berbagai nama domain pilihan seperti domain .id atau .com tersebut kemudian bisa kamu padukan dengan layanan hosting wordpres murah untuk membuat website bisnis terlihat semakin profesional dan bisa diandalkan.

 

Berikut ini merupakan pembahasan seputar apa itu domain Indonesia serta fungsinya.

Jenis-jenis Domain

Untuk lebih memahami terkait apa itu domain Indonesia, sebaiknya kamu perlu juga untuk mengenal jenis-jenis ekstensi domain yang ada di dunia berdasarkan karakteristiknya.

 

Generic Top Level Domain (gTLD)

Pertama, jenis domain dibedakan menjadi generic Top Level Domain untuk menunjukkan bahwa ekstensi domain tersebut bisa digunakan oleh siapa saja tanpa adanya batasan khusus.

 

Contoh dari Generic Top Level Domain adalah ekstensi .COM, .NET, .ORG dan .INFO. Meskipun masing-masing ekstensi tersebut punya tujuan tersendiri, misalnya .COM untuk kebutuhan komersial. Namun, secara umum tidak ada batasan negara atau wilayah penggunaan ekstensi tersebut.

 

Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Berbeda dari Generic Top Level Domain yang penggunaannya bisa bebas tanpa ikatan wilayah. Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah ekstensi yang digunakan sebagai identitas khusus sebuah negara.

 

Contoh dari Country Code Top Level Domain adalah .ID (Indonesia), .US (United States), .SG (Singapura), .JP (Japan), IT (Italia) dan lain sebagainya.

 

Tujuan awal perilisan ccTLD ini sebenarnya adalah untuk penggunaan lokal di negara asal. Akan tetapi, dewasa ini ekstensi domain suatu negara bisa menjadi sangat populer dan banyak digunakan oleh warga asing. Misalnya, ekstensi domain .ME (Montenegro) yang lumayan populer di kalangan blogger Indonesia.

Apa itu Domain Indonesia?

Setelah mengenal jenis-jenis domain berdasarkan karakteristik penggunaannya apakah kamu sudah paham terkait apa itu domain Indonesia?

 

Jika belum paham, istilah domain Indonesia sendiri bisa digunakan untuk menyebut ekstensi domain ccTLD yang berasal dari negara Indonesia. Ekstensi domain Indonesia paling populer dan bergengsi sebelumnya ditempati oleh .CO.ID sebagai ekstensi untuk website bisnis resmi di Indonesia.

 

Namun, pada tahun 2014 silam, PANDI selaku organisasi Pengelola Nama Domain Indonesia merilis ccTLD .ID yang saat ini sudah mulai populer digunakan oleh brand dan para blogger.

Pilihan Ekstensi Domain Indonesia

 

  • .ID - cocok untuk website komersial, perusahaan, atau perorangan
  • .CO.ID - khusus untuk website perusahaan atau bisnis dengan legalitas resmi.
  • .WEB.ID - untuk website perorangan, bisnis, atau lembaga
  • .MY.ID - ditujukan untuk website perorangan
  • .AC.ID - eksklusif untuk website universitas atau lembaga pendidikan setingkat
  • .SCH.ID - khusus untuk website sekolah baik negeri maupun swasta
  • .BIZ.ID - untuk website bisnis

Kenapa Harus Menggunakan Domain Indonesia?

Masih ragu memilih domain Indonesia? Sebagai informasi, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan ekstensi domain ini, berikut selengkapnya:

1.Cepat dan Aman

Ekstensi domain .ID menggunakan server yang berlokasi di Indonesia, sehingga akses DNS nya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan generic TLD seperti .COM atau .NET yang berada di luar negeri.

2.Lebih Mudah Ditemukan oleh Konsumen di Indonesia

Google memiliki algoritma Lokal SEO yang bertugas melakukan filtering untuk menampilkan hasil penelusuran sesuai lokasi terdekat pengguna. Jadi, jika target pengunjung kamu orang Indonesia, penggunaan ekstensi domain Indonesia merupakan langkah yang baik.

3.Variasi Pilihan Domain Masih Banyak

Berbeda dari generik TLD yang sudah banyak digunakan di seluruh dunia. Kamu masih punya pilihan nama domain bagus dan singkat ketika memilih domain Indonesia. Bahkan, saat ini masih ada banyak opsi domain 5 karakter yang tergolong KOD (Keyword on Domain) yang bisa kamu amankan sebagai investasi ataupun aset digital.

4.Proses Pembelian Lebih Mudah

Terakhir, kamu juga lebih mudah ketika membeli domain Indonesia, karena seluruh transaksi bisa dilakukan melalui provider hosting dalam negeri yang tentu saja menggunakan rupiah sebagai pilihan pembayaran.

 

Beberapa ekstensi domain Indonesia seperti .ID, web.id, atau my.id saat ini juga sudah tidak memerlukan dokumen tambahan ketika melakukan registrasi. Jadi, proses aktivasi nama domain pastinya akan jauh lebih cepat karena tidak harus melewati tahap verifikasi identitas.

 

Meski begitu, bagi kamu yang ingin beli domain seperti .CO.ID atau AC.ID persyaratan dokumen seperti NPWP, SIUP, dan KTP tetap diperlukan untuk menjaga kredibilitas ekstensi domain tersebut.

 

Bagaimana, apakah penjelasan terkait apa itu domain Indonesia di atas sudah cukup jelas? Ekstensi domain lokal saat ini memang belum sepopuler generic TLD seperti .COM, namun seiring dengan waktu berjalan popularitas nama domain ini pasti akan semakin meroket di tengah perkembangan internet.

 

BACA JUGA: Ramai Diperbincangkan Oknum Jaksa Lampura Diduga Miliki 200 Butir Pil Psikotropika, Begini Penjelasan Kejati Lampung

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA