Logo Saibumi

Profil Haryadi Suyuti Mantan Wali Kota Jogja yang di OTT KPK: Pendidikan, Asal Partai, Karier, dan Keluarga

Profil Haryadi Suyuti Mantan Wali Kota Jogja yang di OTT KPK: Pendidikan, Asal Partai, Karier, dan Keluarga

Foto : Haryadi Suyuti Saat Menjabat Walikota Jogja dan Saat Tertangkap OT KPK

Saibumi.com (SMSI), Kota Jogja - Berikut informasi profil Haryadi Suyuti mantan wali kota Yogyakarta di OTT oleh KPK, pendidikan, asal partai, karier, dan keluarga.

 

BACA JUGA: Mantan Walikota Jogja Diciduk KPK, PDIP : Walau Diusung, Haryadi Bukan Kader PDIP

Mantan wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ditangkap oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Kamis, 2 Juni 2022. 

 

“Benar, hari ini KPK telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi suap di Yogyakarta”. ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri seperti dikutip dari ANTARA, 2 Juni 2022.

 

Plt Juru Bicara KPK ini juga mengatakan bahwa salah satu pihak yang ditangkap oleh KPK adalah wali kota Yogyakarta periode 2017 sampai 2022 Haryadi Suyuti.

 

Berikut ini informasi tentang profil Haryadi Suyuti mantan wali kota Yogyakarta di OTT oleh KPK, pendidikan, asal partai, karier, dan keluarga.

 

Dikutip dari laman walikota.jogjakota.go.id, Haryadi Suyuti lahir di Yogyakarta, 9 Februari 1964 dan merupakan anak pertama dari Dr. HC. H. Zarkowi Soejoeti dan ibunya Hj. Yayah Maskiyah.

 

Ayah dari Haryadi Suyuti merupakan mantan Rektor IAIN Walisongo Semarang, pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Agama RI. Selain itu bapak dari Haryadi Suyuti juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Arab Saudi tahun 1997 sampai 1999. Sedangkan ibunya pernah menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

 

Haryadi Suyuti menikah dengan Tri Kirana Muslidatun dan memiliki dua orang anak perempuan.

 

Pendidikan formal Haryadi Suyuti di mulai di SDN II IKIP Yogyakarta dan lulus tahun 1976. Kemudian melanjutkan SMP di SMPN 5 Semarang lulus tahun 1980. Haryadi Suyuti menempuh pendidikan SMA di SMAN 1 Yogyakarta lulus tahun 1983, kemudian melanjutkan pendidikan sarjana di Fisipol UGM Yogyakarta lulus tahun 1989. Haryadi Suyuti merupakan mantan wali kota Yogyakarta yang berasal dari partai politik Golkar.

 

Berikut ini karier atau jabatan yang pernah dipegang oleh Haryadi Suyuti:

 

• Management Trainee PT Bank Sampoerna International (Sampoerna Group) Jakarta tahun 1990 sampai 1991.

 

• PT Finance Corpindo Nusa (Sampoerna Group) Jakarta tahun 1991 sampai 2006.

 

• Direktur Corporate Finance & Government Relation PT Finance Corpindo Nusa (Anggota BEJ & BES) (Sampoerna Group) Jakarta tahun 2000 sampai 2003.

 

• Anggota Komite Audit PT Indofarma (Persero) Tbk mulai April 2003 sampai agustus 2003.

 

• Corporate Secretary BOD non Direktorat PT PT Indofarma (Persero) Tbk Jakarta tahun 2003 sampai 2006.

 

• Menjabat Wakil Walikota Yogyakarta mulai tahun 2006 sampai 2011.

 

• Menjabat Walikota Yogyakarta mulai tahun 2012 sampai 2016 dan kembali menjabat periode kedua untuk masa jabatan tahun 2017 sampai 2022.

 

Demikian informasi profil Haryadi Suyuti mantan wali kota Yogyakarta di OTT oleh KPK, pendidikan, asal partai, karier, dan keluarga. (ONE)

BACA JUGA: Kabar Terbaru Mantan Walikota Jogja Haryadi Suyuti Terlibat Kasus Suap dan Tertangkap KPK

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA