Logo Saibumi

1,500 Peserta Hadiri Dharmasanti Tri Suci Waisak 2566/2022

1,500 Peserta Hadiri Dharmasanti Tri Suci Waisak 2566/2022

Foto: Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Sebanyak 1,500 peserta tampak menghadiri Dharmasanti Tri Suci Waisak 2566/2022 dengan tema Moderasi Beragama Membangun Kedamaian yang bertempat di Yayasan Hakka Metta Sarana Jalan Ikan Bawal No.76, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung. Sabtu (4/6/2022).

 

BACA JUGA: Moderasi Beragama Membangun Kedamaian

Dalam pelaksanaannya para peserta pun diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

 

Selain itu, kegitan dibuka dengan berbagai perhelatan seni, salah satunya adalah gamelam Jawa yang dibawakan oleh putra-putri sekolah. 

 

Untuk kegiatan ini merupakan sebagai menyemarakkan hari raya Tri Suci Waisak 2566 BE Tahun 2022 Umat Buddha Provinsi Lampung yang jatuh pada 16 Mei 2022.

 

Nyoman Suriadarma selaku Plt Dirjen Bimbingan Masyarakat Budhha Kementerian Agama RI menuturkan bahwa sejak tanggal memaknai kegiatan ini sebagai sebuah proses perjuangan manusia yang sangat luar biasa. 

 

"Momen ini tentu, mari kita jadikan sebuah inspirasi ya karena sesungguhnya agama itu jangan dijadikan aspirasi tapi jadikanlah inspirasi inspirasi apa, inspirasi ke dalam dan inspirasi keluar tentunya ke dalam sebagai umat Buddha mari kita pertajam kekuatan kita mendalami Dharma itu sendiri mempraktekkan nilai-nilai dharma yang universal itu sendiri," ungkapnya. 

 

Kemudian, saat ini pun seluruh umat tidak lepas dengan kehidupan sosial kehidupan masyarakat, tetangga, saudara, kerabat disitulah kehadiran agama sebagai sebuah inspirasi 

 

"Untuk apa, untuk kita menguatkan kebersamaan kita, untuk kita menguatkan sinergi karena negeri ini tidak bisa dibangun sendiri. Negeri ini bisa dibangun dengan kekuatan kebersamaan sinergi antara komponen," tuturnya. 

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Dharmasanti Tri Suci Waisak 2566/2022 Christian Chandra mengatakan acara ini terselenggara tentu saja didukung oleh semua majelis Buddha yang ada di Lampung. 

 

"Ada 1,500 orang yang hadir dan ada juga yang mengikuti secara online jadi hybrid gitu. Karena, dalam segi gedungnya tidak mencukupi," bebernya.

 

Lebih lanjut ia menuturkan, selain kegiatan yang disebutkan, masih banyak kegiatan lain yang dilaksanakan pada hari ini. 

 

"Ini memang kita ada pentas seni dari pemuda-pemudi, lalu donor darah, ada gamelan juga ini, lalu ada bakti sosial," tukasnya. 

 

Selanjutnya, bahwa tema Moderasi Beragama Membangun Kedamaian bertujuan untuk membangun kebersamaan antar umat Buddhis di Seluruh Indonesia terkhusus Provinsi Lampung. 

 

"Kita ingin toleransi kebersamaan. Jadi acara ini dibikin bukan untuk apapun, melainkan acara ini dibuat untuk kekompakan kami umat Buddhis seluruh Lampung," tuturnya. 

 

Kemudian, ia menuturkan jadi dalam kegiatan ini, hal yang menjadi pedoman adalah moderasinya. 

 

"Karena sudah lama tidak bertemu, nah kalau sudah begitu artinya dinternal kita kan baik-baik dengan demikian kita bisa mempererat kebersamaan," imbuhnya 

 

Selanjutnya terkait sebelumnya tidak dilaksanakan karena terkendala pandemi covid-19, ia pun menuturkan bahwa dirinya mengaku bersyukur kegiatan ini bisa terlaksana kembali. 

 

"Jadi kegiatan ini kan seharusnya kita laksanakan setahun sekali kan, karena pandemi jadi kita sudah 2 tahun ini tidak melaksanakan. Akhirnya kita bisa melaksanakan lagi hari ini, dan ini bertemakan Moderasi Beragama Membangun Kedamaian," pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Dharmasanti Tri Suci Waisak 2566/2022 Resmi Dibuka

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA