Logo Saibumi

Perawatan CVT motor matik secara rutin menjadi sangat penting, agar motor berfungsi dengan baik

Perawatan CVT motor matik secara rutin menjadi sangat penting, agar motor berfungsi dengan baik

Pentingnya Service CVT

Saibumi.com, Lampung Selatan - Sepeda motor matik umumnya menggunakan sistem transmisi Continuous Variable Transmission (CVT).

BACA JUGA: Hanya di Mei 2022, potongan harga Honda CBR 250RR tembus Rp 8 juta


Ini merupakan salah satu ‘nyawa’ dari mesin matic. Sebab di dalam box besar pada bagian kiri bawah motor, terdapatI sejumlah komponen penting dari mulai kampas ganda, v-belt, roller, dan lainnya.

 

Komponen tersebut penting mendapatkan servis secara rutin. Sebagian orang berpikir perawatan motor matik yang terpenting adalah mengganti oli mesin dan oli transmisi.

 

Itu memang benar, tapi masih ada lagi yang perlu dilakukan. Pemilik motor matik juga harus melakukan perawatan rutin pada CVT. Kenapa?

 

Sebab komponen ini memiliki fungsi vital, sebagai alat penggerak otomatis pada motor matik. Jadi, tidak perlu memindahkan gigi atau persneling.

 

CVT sesungguhnya harus bebas debu, oli, dan air. Jika tidak, akan mengakibatkan licin dan berbunyi serta menghambat laju kendaraan, putaran mesin tidak bisa diteruskan ke roda belakang akibatnya akselerasi tenaga akan hilang.

 

Pada CVT terdapat filter atau saringan yang perlu diperhatikan kondisinya. Filter CVT ini di musim hujan bakal terkena air hujan dan di musim kemarau akan berdebu.

 

Makanya, pemeriksaan dan pembersihan filter CVT perlu dilakukan di setiap 1.000 km. Servis ini untuk memeriksa dan membersihkan komponen CVT agar akselerasi lebih halus. Pada beberapa bagian CVT juga membutuhkan pelumasan, dan perlu diberikan grease atau gemuk untuk meminimalisir gesekan berlebih.


Dan pada jika motor mencapai 24.000 km atau 25.000 km, sangat disarankan untuk mengganti V-belt. Komponen ini yang meneruskan tenaga yang dihasikan mesin ke roda. Agar performa CVT lebih optimal, perlu diganti satu set dengan CVT Kit.

 

Paket ini terdiri dari V-belt, Roller, dan Grease atau gemuk. Pengecekan pada V-belt sangat penting dilakukan. Sebab, komponen ini pada matic seperti rantainya motor. Jika retak, bisa berakibat fatal. Dan bisa putus di tengah jalan. Jika motor matic jalannya sudah bergetar pada tarikan awal, harus segera dicek bagian V-belt.

 

Selain itu hal-hal detail wajib dicek adalah soal Grease alias gemuk. Itu paling fatal.

 

Kalau gemuk sudah kering, bisa membuat motor rusak, gantinya pasti malah menjadi mahal. Tutup Irvan Ardiyanto selaku Service Advisor TDM Honda Sidomulyo.(SB05)

BACA JUGA: Komponen Ini Loh Yang Bikin Motor Jadi Boros

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA