Logo Saibumi

H-7 Perusahaan di Lampung Wajib Bayar THR, Tak Dibayar Lapor Disnaker!

H-7 Perusahaan di Lampung Wajib Bayar THR, Tak Dibayar Lapor Disnaker!

Ilustrasi tunjangan hari raya (THR) | Ist/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Perusahaan diwajibkan untuk membayar penuh Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri kepada karyawan maksimal H-7. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung.

 

BACA JUGA: Atlet Senam Lampung Sutjiati Curhat di Podcast Deddy Corbuzier, Bonus Medali Emas PON Tak Kunjung Cair

"Kondisi perekonomian juga kian membaik jadi perusahaan harus bayar THR full, tidak boleh dicicil," kata Kepala Disnaker Provinsi Lampung, Agus Nompitu, Jumat (15/4/2022) kemarin.

 

Agus Nompitu menjelaskan, pihaknya sudah menerima Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja (Menaker) tentang pelaksanaan pemberian THR bagi pekerja dan buruh perusahaan. 

 

Dalam SE tersebut, THR diberikan kepada yang bekerja minimal satu bulan secara terus menerus, yakni pekerja yang melakukan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT), maupun perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT). 

 

Untuk yang belum genap satu tahun, THR diberikan secara proporosional, yaitu bulan kerja dibagi 12 bulan dan dikalikan upah selama satu bulan. Sedangkan, untuk pekerja harian lepas, akan diberikan THR berdasarkan rata-rata penghasilan per bulan.

 

Jika ada perusahaan yang tidak menaatinya, kata Agus, maka akan ada sanksi tegas. Selain itu, pihaknya akan membuka posko pengaduan THR 2022. Rencananya selama H-7 sampai H+7 hari raya. 

 

Agus menghimbau, perusahaan dapat menaati peraturan tersebut. Karena ada sanksi berupa terguran tertulis, pembatasan akses layanan publik, hingga pemutusan izin operasional.

 

"Kalau ada yang tidak sesuai segera laporkan ke posko maupun secara online. Kami proses semua laporan, termasuk lebih dari H+7 pun masih tetap dilayani," tegas Agus.(*)

 

BACA JUGA: Inilah Rangkaian Perayaan Paskah Umat Kristiani di Bandar Lampung

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA