Logo Saibumi

IDI Lampung Jelaskan Buka Praktek Tes Rapid Antigen

IDI Lampung Jelaskan Buka Praktek Tes Rapid Antigen

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Wakil ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Lampung dr. Boy Zahrul Zaini menjelaskan terkait pembukaan layanan tes rapid antigen.

 

BACA JUGA: Surat Telegram Kapolda Lampung, Ada Pergantian Jabatan Kapolsek Tanjungkarang Barat

"Nah, untuk pembukaan layanan tes rapid antigen, untuk dokter penanggung jawabnya itu harus ada Surat Izin Praktek (SIP) untuk bisa melakukan tes antigen ini," ungkap dr. Boy Zahrul Zaini, saat dikonfirmasi, Sabtu (15/1/2022).

 

Lebih lanjut ia menuturkan terkait SIP itu harus sesuai dengan alamat yang awal mula terdaftar.

 

"Nah, semisal SIP nya di Lampung Selatan harus bukanya itu ya di Lampung Selatan tidak bisa di luar dari itu, karena SIP nya si dokter itu tercatat juga di dinas kesehatan jadi dokternya harus bertanggung jawab sesuai dengan SIP nya," jelasnya.

 

Hal itu dilakukan Karena untuk klinik yang melakukan tes antigen itu harus berizin dan harus terkoneksi dengan Sistem New All Record (NAR).

 

"Kenapa harus konek dengan NAR, pedulilindungi, karena nanti seandainya positif. Itu nanti dia dapet bantuan dari pemerintah karena tercatat, tapi kalau kliniknya tidak terkonek dengan NAR dengan pedulilindungi maka itu disebut ilegal dan tidak tercatat dengan data dari pemerintah," tukasnya.

 

Ia pun menganjuran untuk dokter dimana pun, agar selalu mengikuti prosedur yang telah diterapkan oleh Pemerintah.

 

"Artinya apabila mau membuka layanan tes antigen, dia harus lapor ke dinas kesehatan setempat kabupaten/kota jadi nanti dinas ada MOU dengan dokter atau klinik," tuturnya.

 

Sementara itu saat ditanya terkait ramainya perbincangan tentang adanya pelayanan rapid tes antigen yang dilakukan salah satu klinik, di salah satu penyedia jasa Bus, yang diduga klinik itu belum memiliki izin.

 

"Mungkin saya hanya bisa bantu jawab aja, karena itu ranahnya Lampung Selatan. Artinya gini, itu sudah saya sudah konfirmasi ke IDI Lampung Selatan dan sudah diselesaikannya, dan sudah ditegur," pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Miris! 20 Persen BPNT Lampung Belum Tersalurkan, Deadline Hari ini



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong