Logo Saibumi

Lagi Tren di Lampung, Berikut 12 Manfaat Olahraga Berkuda Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Lagi Tren di Lampung, Berikut 12 Manfaat Olahraga Berkuda Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Tubuh kita akan dilatih untuk seimbang di atas kuda yang berlari cepat. (Foto: Cirana Merisa)/Dok.bobo.grid.id

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Olahraga Berkuda sedang naik daun di kalangan Gen-Z (Generasi Z) dan generasi milenial karena kegiatannya cukup menantang sekaligus dapat merefresh di akhir pekan. Olahraga ini tidak hanya sekedar hiburan semata, perlu diketahui olahraga berkuda ternyata miliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sabtu, (08/1/2022)


Berkuda adalah jenis olahraga yang mengutamakan keterampilan dalam menunggang, mengendarai, melompat atau berlari menggunakan kuda.

BACA JUGA: Fenomenal Spirit Doll, Psikolog : Asal Bisa Bedakan Halusinasi dan Realita Silahkan


Di Indonesia, mungkin tidak semua kalangan bisa menikmati berkuda, tetapi keberadaan olahraga tersebut masih sering dijumpai. Biasanya olahraga berkuda juga digemari oleh bebeberapa artis Indonesia seperti Nagita Slavina. N Dian Sastrowardoyo, Sarwendah, dan Pemain film web series 'Layangan Putus' Anya Geraldine juga menggemari olahraga berkuda.


Para selebgram pun tak ketinggalan, Ustad milenial seperti Ustad Felixsiaw, Hawariyyun yang sempat mengunjungi Siger Horse Lampung belakangan ini.


Kendati tergolong olahraga mahal, ada banyak manfaat berkuda yang dapat dirasakan ketika melakukannya secara rutin. Olahraga modern ini bisa Anda jadikan pilihan untuk melatih berbagai bagian tubuh agar lebih baik.


Berikut 12 manfaat yang berhasil Saibumi.com rangkum dilansir dari pulosari.desakupemalang.id:

1. Mengatasi Kram pada Otot

Kram pada otot dapat terjadi akibat banyak hal, satu di antaranya karena jarang bergerak dan berolahraga. Saat menunggang kuda akan dituntut untuk selalu bergerak dan menjaga keseimbangan. Semua itu tentu memerlukan otot untuk bergerak. Jika sering berkuda, secara otomatis akan terhindar dari kram otot.


2. Memperkuat Otot

Tidak hanya membantu dalam mengatasi kram otot, berkuda dapat membantu memperkuat otot. Gerakan yang dihasilkan saat berkuda bermanfaat untuk membantu otot lebih kuat dan lentur karena selalu mendapat tekanan. Khususnya pada bagian punggung. Olahraga ini juga sangat bermanfaat untuk membentuk otot tubuh.


3. Meningkatkan Refleks Tubuh

Orang yang berkuda akan sering bergerak secara cepat dan tak terduga. Saat dalam kondisi tersebut, tentu memerlukan kemampuan lebih dalam mengendalikan kuda. Gerakan cepat dan tak terduga membuat seseorang yang menunggang kuda akan terlatih dalam melakukan hal tiba-tiba atau refleks, seperti tiba-tiba ingin menghentikan kuda atau berubah arah karena pergerakan kuda yang cepat.


4. Memperkuat Tulang Sendi

Manfaat olahraga berkuda selanjutnya adalah membantu dalam memperkuat sendi, khususnya bagian tubuh atas dan bawah seperti lutut, tangan, dan bagian pinggul. Berkuda juga merupakan olahraga yang menggunakan sebagian besar fungsi sendi.

 

 5. Membakar Kalori

Manfaat olahraga berkuda yang kelima untuk membakar kalori. Olahraga berkuda memang tidak seperti olahraga lari atau mendayung. Ketika berkuda, kudalah yang akan melakukan sebagian besar pekerjaan. Meskipun demikian, menunggang kuda juga dapat membakar kalori tubuh. Menurut British Equestrian Federation, menunggang kuda dengan lembut selama 30 menit dapat membakar sekitar 360 kalori dan membantu mengencangkan perut.


6. Membantu Memperlancar Sirkulasi Darah

Banyak gerakan yang bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah. Tekanan pada otot sebenarnya juga cukup berpengaruh untuk memperlancar aliran darah. Dengan aliran darah yang lebih lancar saat berolahraga kuda, pasokan oksigen yang akan diedarkan melalui darah lebih lancar dan tidak terganggu.


7. Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Manfaat berkuda bagi kesehatan lainnya adalah mampu melatih kardiovaskular. Manfaat ini didapat bergantung pada kecepatan dan ketangkasan kuda, menunggang kuda bisa membutuhkan lebih banyak usaha, energi, dan kapasitas kardiovaskular.


8. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berkuda disebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk wanita, berkuda termasuk olahraga berat. Namun, masih dalam ambang wajar kerja jantung apabila hanya dilakukan selama 30 menit. Berbeda dengan jenis olahraga futsal dan flying fox, baik wanita maupun pria yang menderita serangan jantung diperbolehkan untuk melakukan olahraga berkuda. Hal ini dikarenakan berkuda memiliki dampak positif bagi kesehatan.


9. Menyehatkan Penglihatan Mata

Dalam berkuda, penunggang diharuskan untuk tetap melihat ke depan karena pergerakan kuda yang cepat. Maka itu, harus lebih teliti dalam melihat trek yang ada di depan. Dengan begitu, penunggang kuda secara tak langsung telah melatih penglihatan untuk lebih melihat cepat dan akurat. Namun, ada baiknya penunggang menggunakan kacamata khusus dalam berkuda.

 

10. Meningkatkan Rasa Sabar

Kuda merupakan satu di antara hewan yang memiliki tingkat perawatan dan pengendalian yang lebih mudah. Tidak heran kuda lebih jinak dibandingkan hewan lainnya. Namun, ada waktunya kuda perlu diperlakukan pendekatan yang lebih. Semua itu pasti memerlukan kesabaran. Dengan kesabaran, tentu akan membuat pemilik kuda terlatih dan bermanfaat untuk diri sendiri kelak.


11. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Selain meningkatkan rasa sabar, rasa tanggung jawab terhadap kuda yang dimiliki juga perlu untuk dijaga. Jika mempunyai kuda sendiri maka bertanggung jawablah. Apa yang dilakukan terhadap kuda tersebut merupakan bentuk tanggung jawab Anda.


12. Meningkatkan Rasa Disiplin

Merawat kuda merupakan satu di antara hal yang wajib jika memang ingin terjun dalam olahraga berkuda. Semua itu memerlukan rasa kedisiplinan tinggi. Jika Anda memiliki kuda sendiri, secara tidak langsung akan melatih rasa disiplin dalam merawatnya.(Red)

BACA JUGA: Daftar Film Tayang di Bioskop Awal Tahun 2022, Diangkat Dari Komik Marvel Nomer 4 Recomended



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong