Logo Saibumi

Ancam Wartawan Terkait Pemberitaan, Dua Ketua GMBI Dilaporkan Tujuh Lembaga Wartawan Kepolisi

Ancam Wartawan Terkait Pemberitaan, Dua Ketua GMBI Dilaporkan Tujuh Lembaga Wartawan Kepolisi

Saibumi.com (SMSI) Pesawaran - Tujuh lembaga pers di Kabupaten Pesawaran Bumi Andan Jejama, Laporkan oknum Ketua Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Kabupaten Pesawaran berinitial AM dan Ketua GMBI Kecamatan Teluk Pandan Zaidan, Minggu (2/1/2022).

 

Setelah dianggap meresahkan dan mengganggu kinerja Pers dibuat tak nyaman dan juga mengacam wartawan yang dimuat di media sosial (Medsos) melalui  kanal Youtube dan WhatApps.

 

Akibat pengancaman tersebut membuat Lembaga Profesi Wartawan  wartawan tersebut geram, dab akan melaporkan kepihak berwajib.

 

Ternyata Langkah wartawan Pesawaran bukan gertak sambal, dibuktikan dengan Nomor Laporan Kepolisian Nomor : STPL/B/03/I/2022/SPKT/Polres Pesawaran/Polda Lampung, tentang ujaran kebencian provokasi dalam transaksi elektronik. Karena dianggap menghambat alias menghalangi pelaksanaan tugas jurnalistik.

 

Tujuh lembaga pers diantaranya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI), Komite Wartawan Pelacak Profesional Indonesia (KO-WAPPI), Forum Wartawan Kabupaten Pesawaran (FWKP), Ikatan Jurnalis Kabupaten Pesawaran (IJKP), Forum Wartawan Profesional Indonesia (FWPI) dan Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Kabupaten Pesawaran. 

 

"Kita terpaksa Polisikan oknum tersebut karena keterlaluan, apa yang dilakukan mengancam profesi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. Kita telah memaafkan, namun hukum tetap harus berjalan, " kata Koordinator wartawan Rama Diansyah.

 

Di jelaskan, kedua terlapor diduga telah melanggar Undang-undang transaksi informatika dan Hate Speech (Ujaran kebencian) termasuk Undang-undang pers Nomor 40 tahun 1999.

 

"Kita serahkan sepenuhnya pada penyidik kepolisian. Pasal apa yang paling tepat untuk kedua oknum yang dilaporkan. Agar jadi bahan pelajaran dan jangan menganggap enteng orang lain," jelasnya. (Red)

 

BACA JUGA: Polisi Benarkan Telah Amankan Dua Pelaku Terkait Pemalsuan Dokumen

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA