Logo Saibumi

Ini Fungsi Teknologi ACG Starter pada Sepeda Motor Honda

Ini Fungsi Teknologi ACG Starter pada Sepeda Motor Honda

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Teknologi ACG Starter (Alternating Current Generator) menjadi keunggulan dari Astra Honda Motor (AHM) untuk motor-motor terbarunya. Fitur ACG Starter ini bisa dibilang yang menghilangkan suara keras pada saat Anda menyarter motor.

 

BACA JUGA: Simak! Tips Deteksi Kondisi Drive Belt Sepeda Motor

Menurut Suroso, ada beberapa keunggulan dari fitur ACF Starter ini, diantaranya :

 

1. Mengurangi getaran dan bunyi pada motor Anda saat menyalakan mesin motor.

 

2. Mengurangi konsumsi BBM karena terdapat sistem decompression yang mempermudah kerja piston dapat mengisi aki secara otomatis.

 

3. Menjamin perawatan motor karena tidak menggunakan brus yang biasanya hanya terdapat pada dynamo biasa.

 

“Alternating Current Generator atau dikenal ACG Starter merupakan alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak-balik (AC), dan starter yaitu alat untuk memulai kerja dari suatu alat atau mesin. Sehingga keduanya ini dikombinasikan menjadi ACG Starter” buka Suroso, Kepala AHASS Astra Motor Imam Bonjol.

 

“Teknologi ACG Starter ini pada awalnya sudah diaplikasikan pada motor keluaran Honda yaitu Honda PCX 125, namun kini teknologi ACG Starter ini dapat Anda temukan pada Honda Vario Techno 125 ISS. Pada dasarnya motor Honda ini menggunakan ACG Starter yang merupakan kombinasi dari teknologi ISS” tambahnya.

 


Perbedaannya jika teknologi ISS bekerja dengan cara mematikan mesin motor dan mengurangi konsumsi BBM yang terbuang, ACG Starter ini justru bekerja untuk merawat mesin motor Anda yang mampu menyalakan mesin dengan lebih halus dan tidak berisik.

 

Berbeda dengan motor lain yang masih menggunakan sliding-gear starter-type system yang masih menggunakan cara lama dengan dynamo starter sehingga dapat menimbulkan hentakan atau suara kasar saat Anda menyalakan mesin motor.

 

Pada sliding gear starter-type system terdapat dua buah gir berukuran kecil dan besar yang harus bergesekan satu sama lain untuk menggerakan piston.

 

Gesekan yang dihasilkan tersebut menghasilkan bunyi serupa yang biasanya terdengar saat Anda menyalakan mesin motor.
Pada ACG Starter terdapat beberapa komponan, diantaranya seperti flywheel, magnet flawwheel dan kumparan (startor).

 

“ACG Starter bekerja saat mulai menyalakan mesin, ketika mesin dinyalakan maka arus listrik akan mengalir melalui stator yang berlaku sebagai magnet listrik atau electromagnet” tutup Suroso.(SB05)

BACA JUGA: Hindari sandal di waktu hujan, demi keamanan

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA