Logo Saibumi

Tujuan Pengawas Ketenagakerjaan Lemparkan 25 Pertanyaan

Tujuan Pengawas Ketenagakerjaan Lemparkan 25 Pertanyaan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Provinsi Lampung Agus Nompitu menjelaskan bahwa benar personil pengawas ketenagakerjaan dimaksud adalah personil kami yang ditugasi melalui SPT. No. 800/4172/IV.08/02/2021 tgl. 9 November 2021.

 

BACA JUGA: Program “GEBER” Gebyar Bonus November dari Tunas Honda dan NSS Kedaton

"Guna melaksanakan pemeriksaan Norma Kerja Perempuan dan Norma Kerja Anak berdasarkan WLKP on-line* di SPBU Pertamina 24.341.156 Sanggar Buana-Seputih Banyak," ungkapnya kepada saibumi.com, Kamis (25/11/2021).

 

Lebih lanjut Agus mengatakan Diinformasikan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 3 tahun 1951 tentang Pernyataan berlakunya Undang-undang Pengawasan Perburuhan tahun 1948 Nomor 23 dari Republik Indonesia untuk seluruh Indonesia dan Undang-undang Nomor : 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan jo. Permenaker Nomor 33 tahun 2016.

 

"Tentang Tata Cara Pengawasan Ketenagakerjaan, bertujuan untuk memastikan dilaksanakanya Norma Ketenagakerjaan di Perusahaan atau tempat kerja," jelasnya.

 

Dan kepada Pengawas Ketenagakerjaan diberikan wewenang guna mengawasi Undang-undang dan Peraturan-peraturan perburuhan pada khususnya serta kepada mereka oleh Undang-undang diberikan hak untuk memperoleh keterangan.

 

Selain daripada itu sebagaimana makna dalam pasal 35 Undang-undang 13 tahun 2003 bahwasanya pengawasan / pemeriksaan dilakukan guna melihat tingkat kepatuhan pemberi kerja/ pengusaha dalam pemberian perlindungan yang mencakup kesejahteraan, keselematan dan kesehatan kerja baik mental maupun fisik tenaga kerja.

 

"Atas penjelasan ini, maka langkah-langkah interview dan pengumpulan keterangan yang dilakukan personil kami dalam tujuan perlindungan tenagakerja khususnya perempuan dan anak serta perlindungan produktivitas kerja sekaligus edukasi bagi perusahaan masih dalam koridor prosedur yang berlaku. Demikian penjelasan kami," pungkasnya.

 

Sebelumnya diberitakan Ketua Bidang SPBU - DPC Hiswana Migas Lampung, Donny Irawan yang juga merupakan ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lampung mempertanyakan kelayakan dari kemampuan Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemerintah Provinsi Lampung yang bernama ZF Arif BS, ST dan Prayogo Teguh, ST. (Riduan)

BACA JUGA: Hakim Pengadilan Negeri Tanjungkarang Meninggal, Enam Sidang Tipikor Ditunda



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong