Logo Saibumi

Teriakan Buruh Menggelegar di Jakarta! Tolak Upah Murah, Hapus Outsourcing!

Teriakan Buruh Menggelegar di Jakarta! Tolak Upah Murah, Hapus Outsourcing!

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Ribuan peserta demonstrasi yang tergabung dalam berbagai serikat buruh banjiri area Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Kamis (25/11).

Para buruh berunjuk rasa untuk menyuarakan tuntutannya kepada pemerintah, di depannya terbentang pagar duri yang dibentangkan oleh aparat kepolisian.

BACA JUGA: Baru ! Bagi Polisi dan KPK, Panggil TNI Tak Bisa Sembarangan

Mereka di antaranya tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

KSPI menuntut kenaikan upah minimum tujuh sampai sepuluh persen. Selain juga mendesak pemerintah untuk membatalkan UU Cipta Kerja yang saat ini sedang diuji materiil dan uji formil di Mahkamah Konstitusi, juga memberlakukan upah sektoral yang berdasarkan pada lokasi kota/kabupaten di satu provinsi.

sedangkan tuntutan KSBSI menolak pemberlakuan upah murah yang saat ini dirasakan oleh kalangan buruh., mengeluarkan kluster ketenagakerjaan dari UU Cipta Kerja sekaligus menuntut kluster ketenagakerjaan tersebut dikembalikan kepada pihak tripartite dan menghentikan perluasan outsourcing yang dinilai merugikan buruh.

Presiden KSPI Said Iqbal mengklaim bahwa ada puluhan ribu hingga ratusan ribu massa yang akan dikerahkan dalam aksi demo ini.

"Aksi ini serempak melibatkan puluhan ribu sampai ratusan ribu orang dan merupakan eskalasi buruh yang naik, istilahnya marahnya sudah di atas ubun-ubun ini," ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (24/11).

Said juga menyebut bahwa aksi ini tak hanya digelar di ibukota, tetapi sejumlah daerah juga akan melancarkan aksi demonstrasi serupa. Kantor gubernur dan bupati/wali kota akan menjadi titik aksi para pendemo.

Dilain pihak  Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Sam Suharto mengatakan, sebanyak 2.645 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi demo buruh hari ini.

"Ada 2.645 personel TNI, Polri dan Pemda," kata Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Sam Suharto kepada wartawan, Kamis (25/11).



BACA JUGA: Hendak Tawuran, 2 Pelajar SMP Asal Kulonprogo Bawa Sajam Diamankan



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong