Logo Saibumi

Agar Tetap Aman Di Jalan Saat Berboncengan, Ikuti Aturan Ini

Agar Tetap Aman Di Jalan Saat Berboncengan, Ikuti Aturan Ini

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Selain bagi pengendara motor, tips agar aman di jalan pun bisa dipelajari oleh penumpang atau orang yang membonceng. Sebab, mengendarai motor seorang diri tentu berbeda dibandingkan ketika dibonceng.


Untuk membonceng pun, ada tips amannya, lho!
“Mengikuti tips aman ketika membonceng tidak hanya penting bagi keselamatan diri sendiri, tapi juga pengendara motor” buka Dhania Counter Sales Astra Motor Imam Bonjol.

BACA JUGA: Ini Ban Motor Yang Aman Dipakai Saat Musim Hujan

 

“Saat ini, masih cukup banyak penumpang yang belum menyadari pentingnya menjaga keselamatan saat membonceng. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya, ya. Oleh karena itu, simak tips aman berikut ini” jelas Dhania.

 

Kenakan perlengkapan safety riding
Meski Anda tidak berada di belakang kemudi langsung, tetap kenakan perlengkapan safety riding.


Termasuk helm standar SNI. Sebab, kecelakaan di jalan raya tidak pandang bulu. Selain itu demi keamanan, sebaiknya Anda memakai sepatu tertutup, bukan sandal.

 

Hindari menjadi orang ketiga
Orang ketiga bukan hanya istilah untuk perusak kebahagiaan pasangan yang berpacaran. Penumpang boti alias bonceng tiga juga bisa disebut sebagai orang ketiga.


Sama-sama berbahaya. Makanya, kalau sudah ada yang membonceng, Anda tidak usah menambahi dengan menjadi penumpang berikutnya.


Sebab, keseimbangan motor pasti akan terganggu, dan keselamatanlah taruhannya.
Tidak memakai rok lebar
Perhatikan pilihan busana ketika sedang membonceng. Jangan pakai rok lebar panjang yang menjuntai.


Soalnya, bawahan semacam ini berisiko masuk ke roda bahkan rantai motor, yang tentu saja sangat berbahaya.
Perhatikan posisi duduk
Memegang behel di sisi belakang motor memang menjadi pemandangan umum.


Namun demi keselamatan, Anda jangan melakukannya. Kalau segan memegang pinggang pengendara, letakkan tangan pada lutut. Selain itu, jangan duduk terlalu mundur. Sebab, posisi ini berisiko menambah beban di belakang.


Usahakan untuk memusatkan beban di bagian tengah.
“Sebagai penumpang, Anda pun punya kewajiban untuk mengingatkan pengendara agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas.


Selain itu, kalau Anda mengetahui bahwa pengendara belum lancar naik motor, sebaiknya jangan membonceng. Tentu saja ini demi keselamatan Anda berdua” tutup Dhania.(SB05)

BACA JUGA: Kantuk Saat Berkendara, Berikut Tips Gampang Mengusirnya



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong