Logo Saibumi

Pentingnya Rajin Ganti Oli Motor Setiap 2000 KM

Pentingnya Rajin Ganti Oli Motor Setiap 2000 KM

Saibumi.com (SMSI),Tulang Bawang- Ada banyak jenis perawatan sepeda motor, antara lain perawatan bodi, kelistrikan, mesin, rantai, suspensi, dan tekanan ban. Di atas segalanya, kualitas oli yang digunakan harus dipertimbangkan di mesin.


Bagian ini merupakan salah satu peran penting untuk membuat kendaraan nyaman, mulus dan mudah untuk berakselerasi.

BACA JUGA: Pentingnya Servis Motor Secara Rutin!


Tidak hanya itu, jika kendaraan tidak memiliki cukup oli, dapat merusak sistem mesin kendaraan itu sendiri.

 

Tentu saja, kamu tidak ingin kejadian buruk seperti itu terjadi pada kamu, itu hanya menghemat 30-70.000 penggantian oli, yang menyebabkan kerusakan mesin yang membutuhkan biaya ratusan ribu perbaikan.


Penggantian oli ini harus dilakukan secara rutin. kamu tidak harus melakukannya dalam waktu dekat.


Tidak ada masalah selama bisa diganti secara berkala.
Masalah kehabisan oli adalah piston tidak bergerak karena oli pelumas bocor.


Jika oli di bawah batas normal dan mesin masih digunakan, ruang bakar akan kotor, berjatuhan pada dinding blok silinder dan kerak juga akan mengenai piston. kamu tidak dapat memaksimalkan apa yang dihasilkan.

 

Bahkan dalam kasus yang parah, motor bisa mati dan motor mungkin perlu dibongkar untuk memperbaiki seluruh motor. Tentu biayanya tidak sedikit.

 

Fungsi utama oli adalah untuk melumasi komponen mesin agar gesekan yang dihasilkan mesin tidak tersumbat.


Karena oli sendiri juga berperan sebagai pengatur temperatur mesin, maka oli dapat menetralkan temperatur saat pembakaran di dalam silinder, baik saat mesin panas maupun saat dingin.

 

Namun seiring waktu, jumlah oli terus berkurang, dan oli juga dapat merusak mesin. Dan berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus mengganti oli mesin secara teratur. ”Kata Didit Service Advisor TDM Tulang Bawang.


Seal Oli Motor Bisa Bocor Kapan Saja Semua komponen mesin, termasuk segel oli rusak.


Tempat yang sewaktu-waktu bisa bocor dan mengganggu kinerja mesin sepeda motor. Kebocoran seal ini dapat disebabkan oleh penuangan oli yang lebih banyak dari pada seal ”.

 

Secara berlebihan, oli akan meluap dan masuk ke ruang karburator melalui lubang pernapasan.

 

Dalam hal ini, asap putih keluar dari gas buang, dan oli mesin segera dibuang. Jika mesin terbakar, oli akan meluap lebih cepat dan seal tidak akan berfungsi dengan baik.


Karena itu, saat mengisi mesin dengan oli, jangan melebihi kapasitas, pastikan cincin segel poros tidak penyok saat mengisi oli baru, dan diameter segel tidak berubah.

 

Performa mesin tidak nyaman, kamu pasti pernah merasa sangat sulit untuk dikendarai jika oli tidak diganti dalam waktu lama, terutama saat berakselerasi.

 

Tentu saja hal ini membuat pengendara semakin tidak nyaman menggunakan sepedanya.


Jadi jika kamu merasa tarikan mesin terlalu keras, jangan lupa segera hubungi bengkel untuk mengecek status oli.

 

Dalam kasus seperti itu, oli meluap dan secara bertahap habis. Hal ini biasanya dialami oleh mobil self-driving, namun sangat aman karena sepeda motor dilengkapi dengan sistem pendingin tambahan.(SB05)

BACA JUGA: Motor Alami 5 Gejala Ini? Waktunya Kamu Servis Motor!



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong