Logo Saibumi

Motor Alami 5 Gejala Ini? Waktunya Kamu Servis Motor!

Motor Alami 5 Gejala Ini? Waktunya Kamu Servis Motor!

Saibumi.com, Natar - Servis motor secara berkala sudah menjadi bagian dari kewajiban para pengguna motor demi keselamatan mereka. Terlalu lama tidak diservis, tak hanya menjadi cepat rusak, motor juga dapat membahayakan pengemudi saat berkendara.

 

BACA JUGA: Kenapa Kita Harus Rajin Ganti Oli Motor?

Kerusakan motor yang tidak ditangani dengan baik dapat menjadi semakin parah, dan biaya servis semakin membengkak. Oleh karena itu, melakukan servis rutin akan menghabiskan biaya yang lebih terjangkau.


Yuk, kenali gejala-gejala motor perlu segera diservis.
1. Berat di Tarikan Awal
Tarikan motor terasa berat artinya saat digas, motor tidak melaju dengan cepat. Ketika tarikan sudah terasa seperti itu tandanya motor harus segera diservis di bengkel. Jangan sampai dibiarkan karena kerusakan bisa menjadi makin parah dan berakhir motor mogok.

 

2. Keluar Suara Aneh
Jika motor mengeluarkan suara yang tidak seperti baisanya atau menjadi lebih berisi, itu tanda bahwa sudah perlu melakukan perawatan. Pemakaian rutin dapat menyebabkan mesin motor menjadi aus. Apabila mendengar suara asing, Anda harus segera mencari tahu sumber dari suara tersebut.

 

Beberapa contoh suara yang biasanya muncul adalah: suara berderik/berdesing dari mesin, suara berisik dari rantai, suara terseret-seret pada belt motor matik, dan suara gesekan dari cakram. Penyebabnya bermacam-macam seperti busi yang aus atau oli yang mungkin sudah perlu diganti.

 

3. Keluar Asap
Semestinya, teknologi motor saat ini menjadikan motor tidak berasap. Jika ada asap yang keluar dari knalpot, maka perlu diwaspadai. Jika keluar asap hitam tandanya ada masalah di karburator. Sementara jika keluar asap putih, hal ini bisa disebabkan oleh masalah pada piston sehingga oli ikut terbakar.

 

4. Kilometer Melebihi Batas Ketentuan
Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui kapan motor sudah perlu diservis adalah dengan mengecek kilometer. Jika kilometernya sudah melebihi dari batas servis artinya motor Anda sudah layak untuk masuk bengkel. Menurut ahlinya, motor sudah harus diservis setiap 2000 km sekali.

 


5. Motor Bergetar
Penggunaan motor terus menerus dapat merubah setelan karburator sehingga menimbulkan getaran berlebih pada body motor. Karburator perlu disetel ulang.

 

Untuk memudahkan servis motor, Astra Motor menyediakan aplikasi Motorku X untuk memudahkan pelanggannya dalam melakukan booking di bengkel.


Hanya lewat aplikasi, pengguna motor Honda bisa melakukan pemesanan servis di bengkel terdekat. Di situasi pandemi seperti saat ini pun, pelanggan bisa meminta montir bengkel untuk datang ke rumah.

 

Servis menjadi mudah, cepat, dan nyaman.”ujar Service Advisor Astra Motor Natar Mulyadi
Motor Anda mengalami gejala-gejala di atas? Segera daftarkan di MotorkuX untuk servis sekarang! (SB05)

BACA JUGA: Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Monitor Tekanan Ban Motor Secara Real Time

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong