Logo Saibumi

Badai La Nina, BMKG Ingatkan Pemerintah Lampung Waspada

Badai La Nina, BMKG Ingatkan Pemerintah Lampung Waspada

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat merilis hasil monitoring kedatangan Badai La Nina. Badai itu sendiri diprediksi akan berdampak terhadap tujuh wilayah di Provinsi Lampung.

 

BACA JUGA: BMKG: Hujan Ringan hingga Lebat Hinggapi Lampung Dua Hari ke Depan

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto. Ia mengatakan ada tujuh Kabupaten Kota di Provinsi Lampung yang harus waspada terhadap kedatangan Badai La Nina.

 

"Tujuh Daerah tergolong rawan bencana yang terkena dampak dari musim penghujan, yakni Lampung Barat, Pesisir Barat, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, Bandar Lampung, dan Tanggamus," katanya Selasa (16/11/2021).

 

Rudi menambahkan kondisi La Nina masih lemah sehingga potensi untuk penambahan curah hujannya belum begitu dirasakan. Namun, prakiraan musim di wilayah Lampung sudah memasuki musim penghujan, sehingga sudah mulai berpotensi terjadi curah hujan yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

 

Sementara itu, pada bulan November wilayah Lampung sudah masuk musim penghujan. BMKG memprediksi pada bulan Desember intensitas turun curah hujan akan sedang dan lebat.

 

"Prediksi akhir tahun menurut prakiraan puncak musim penghujan di provinsi Lampung, diperkirakan terjadi di bulan Januari dan Februari 2022,"katanya.

 

Dari hasil monitoring tersebut, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar siap siaga, gotong royong membersihkan drainase.

 

"Untuk pemerintah daerah segera mendata atau melakukan normalisasi sungai-sungai yang memang dira itu saluran primer,"pungkasnya. (Sinta)

BACA JUGA: BMKG, Senin 15 November Lampung Berpotensi Hujan

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.